3 berita techno teratas hari ini: konjungsi Jupiter dan Saturnus, sampel bulan

TEMPO.CO, Jakarta – Top 3 Tekno berita hari ini Sesuai dengan tema Lembaga Dirgantara Nasional (LAPAN) melalui pemberitaannya di media sosial Instagram menyebarkan ajakan tontonan romantis di langit malam pada Senin 21 Desember 2020. Undangan tersebut merujuk pada fenomena astronomi di mana kedua planet gas raksasa Jupiter dan Saturnus terlihat mesra karena saling berdekatan. di surga.

Berita terpopuler berikutnya tentang pesawat luar angkasa China, Chang’e 5, mengirimkan hingga 1.731 gram sampel batuan dari bulan ke bumi Kamis lalu. Saat upacara pada Sabtu pagi, 19 Desember 2020, Kepala Badan Antariksa Nasional China, Zhang Kejian, menyerahkan sampel tersebut kepada Presiden Akademi Ilmu Pengetahuan China, Hou Jianguo.

Selain itu, Rektor Institut Teknologi Sumatera Ofyar Z. Tamin mengumumkan positif mengidap Covid-19 lewat video yang diunggahnya pada Sabtu, 19 Desember 2020. Dia memberikan konfirmasi positif sejak sehari sebelumnya.

Berikut tiga berita terpopuler di Tekno Channel:

1. Jangan lewatkan, Planet Conjunctions seperti poinsettia di langit besok malam

Undangan dari LAPAN RI untuk mengamati fenomena astronomi konjungsi planet Jupiter dan Saturnus pada 21 Desember 2020. Foto: Instagram

Lembaga Dirgantara Nasional (LAPAN) membagikan undangan tontonan romantis di langit malam melalui akun Instagram-nya pada Senin, 21 Desember 2020. Undangan tersebut merujuk pada fenomena astronomi di mana dua planet gas raksasa muncul Jupiter dan Saturnus akan terlihat mesra karena berdekatan di langit.

Keduanya tampak bersatu kali ini juga jika dilihat dengan mata telanjang. Konjungsi Besar, sebutan fenomena ini dalam dunia astronomi, akan muncul sebagai bola putih cemerlang di langit barat tak lama setelah matahari terbenam.

Catatan lapan_ri mengatakan kedua planet itu “saling berpelukan”. Beberapa medium bukan hanya kata penghubung yang hebat, tetapi juga menuliskannya sebagai poinsettia. “Jangan sampai ketinggalan sob, disinilah #spacemin mengeluarkan undangannya,” tulis laporan itu.

READ  Indonesia diguncang gempa, panik masyarakat, peringatan tsunami belum ada

Undangan yang sama dari akun InfoAstronomy pun diposting di Twitter di media sosial. Laporan ini menyebut konjungsi super “The Wedding of Jupiter and Saturn”. Undangan khusus dengan keterangan waktu yaitu 21 Desember 2020 mulai pukul 18.30 WIB di langit barat.

2. Jika Anda memiliki sampel batu dari bulan, China akan melakukannya

Karyawan akan mentransfer kapsul pengembalian pesawat ruang angkasa Chang’e-5 Tiongkok ke truk di wilayah Siziwang di Daerah Otonomi Mongolia Dalam di Tiongkok utara pada 17 Desember 2020. Kapsul kembali pesawat luar angkasa China Chang’e-5 mendarat di Bumi pada dini hari Kamis (17/12) dan membawa kembali sampel bulan pertama yang diambil oleh China dan sampel bulan terbaru di dunia dalam lebih dari 40 tahun. (Xinhua / Ren Junchuan)

Pesawat luar angkasa Chang’e 5 China mengirimkan 1.731 gram sampel batuan dari bulan ke Bumi Kamis lalu. Saat upacara pada Sabtu pagi, 19 Desember 2020, Kepala Badan Antariksa Nasional China, Zhang Kejian, menyerahkan sampel tersebut kepada Presiden Akademi Ilmu Pengetahuan China, Hou Jianguo.

Sampel tersebut kemudian dikirim ke laboratorium di National Astronomical Observatory, yang dikoordinasikan oleh Chinese Academy of Sciences. Peneliti disana akan menyimpan, menganalisa dan menelitinya. Sampel seberat 1.731 gram itu merupakan sampel pertama di luar angkasa dari sebuah benda milik China.

Di dunia, misi pengambilan sampel dari bulan juga menjadi yang pertama dalam lebih dari 40 tahun. Misi terakhir untuk membawa sampel tanah dari bulan ke bumi dilakukan pada tahun 1976 oleh pesawat luar angkasa Luna dari Uni Soviet.

Badan antariksa nasional China berjanji untuk mengembangkan pedoman untuk koordinasi dan penelitian ilmiah pada sampel dari misi Chang’e 5, yang melibatkan lebih banyak ilmuwan dari dalam dan luar negeri. Mereka juga berencana meluncurkan program untuk mempopulerkan misi ke bulan.

READ  Hubble menangkap gambar baru 'Raging' Jupiter Storm

3. Jumlah Kanselir yang terinfeksi virus Corona Covid-19 semakin meningkat

Ilustrasi virus Corona atau Covid-19. Shutterstock

Rektor Institut Teknologi Sumatera Ofyar Z. Tamin mengumumkan positif Covid-19 melalui video yang diunggahnya pada Sabtu, 19 Desember 2020. Dia memberikan konfirmasi positif sejak sehari sebelumnya.

“Saya ingin laporkan bahwa berdasarkan hasil polymerase chain reaction (PCR), saya dipastikan positif mengidap virus corona,” kata Ofyar.

Dia menyatakan bahwa dia tidak enak badan pada hari Kamis dan berinisiatif untuk melakukan tes cepat independen (rapid test) untuk antigen. Hasilnya positif Covid-19.

Berdasarkan hasil tersebut, dokter pemeriksa menyarankan tes usap dengan PCR. Hasilnya sangat positif Covid-19. “Makanya saya langsung minta dirawat di RSUD dr H. Abdul Moeloek,” ucapnya.

Written By
More from Said Rafiq

Fakta tentang asteroid seukuran piramida yang mendekati Bumi saat ini

Jakarta, CNN Indonesia – Asteroid 2020 QD5 dijadwalkan memasuki orbit Bumi hari...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *