3 gempa kuat mengguncang Indonesia Barat tidak ada kerugian

Jakarta, agen. Gempa kuat sudah berulang kali dirasakan di Indonesia bagian barat. Intensitas gempa pada skala Richter diukur pada 6,8. Suasana panik dan ketakutan di daerah itu setelah gempa bergetar. Namun, belum ada kabar segera kerugian atau kerugian dalam bencana alam ini. Survei Geologi AS (USGS) mengatakan gempa berada di kedalaman 10 kilometer. USGS menyatakan terkonsentrasi di Provinsi Bengkulu di Pulau Sumatera, 144 kilometer barat daya kota Bengkulu. Gempa bumi dirasakan di banyak provinsi. Syukurlah peringatan tsunami belum dikeluarkan untuk gempa bumi. Gempa bumi terjadi di Indonesia pada hari ini. Seringkali bencana alam ini telah menyebabkan banyak korban jiwa dan kerugian harta benda.

Dua gempa besar dalam tiga tahun

Dalam tiga tahun terakhir gempa bumi telah menyebabkan kerusakan besar pada kehidupan dan harta benda di negara tersebut. Gempa berkekuatan 7,5 skala Richter melanda kota pesisir Dongala di Indonesia pada September 2019, menyebabkan tsunami besar meletus di kota Palu. Palu, kota terbesar di Pulau Sulvesu, dan kota Dongala di dekat episentrum gempa bumi paling terpukul. Lebih dari 800 orang tewas. Pada Agustus 2018 terjadi gempa bumi kuat di pulau Lombok, Indonesia. Banyak korban jiwa dan harta benda akibat gempa tersebut. Banyak gedung roboh. Lebih dari 90 orang tewas. 10.000 orang dievakuasi dengan aman. Lebih dari 1.000 turis yang terdampar di Pulau Gili telah dievakuasi dengan perahu.

Gempa melalui cincin api

Gempa bumi bisa dirasakan pada siang hari di kawasan ring fire di Indonesia. Cincin api macam apa itu? Negara manakah di dunia yang berada di bawah yurisdiksi Anda? Faktanya, ada sekitar 450 gunung berapi aktif dan tenang di kawasan Cincin Api tersebut. Daerah ini berbentuk setengah lingkaran. Wilayah tersebut terbentang antara Lempeng Laut Filipina, Lempeng Pasifik, Yuan de Fuca dan Lempeng Cocos serta Lempeng Najka. Tektonik lempeng bumi berubah di wilayah ini, menyebabkan banyak peristiwa geologi terjadi di wilayah ini. Indonesia, Malaysia, Jepang, Australia, Selandia Baru, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Fiji di wilayahnya. Melanesia, Mikronesia, dan Polinesia ditutupi dengan pantai timur dan barat di Amerika Utara dan Selatan. Tempat-tempat ini selalu rawan gempa. Namun intensitas gempa bergantung pada berbagai penyebab dimana-mana.

READ  Daftar pebalap MotoGP tahun 2021: 3 debut termasuk kakaknya Valentino Rossi
Written By
More from Faraz Khalifa

66 orang tewas akibat banjir di Jakarta – Banjir di Indonesia: Korban tewas di Indonesia adalah 66

Banjir di Indonesia : Korban tewas akibat banjir di ibukota Indonesia Jakarta...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *