5 rahasia kecil burung kolibri

Burung kolibri. Foto: Foto gratis dari Pixabay

Burung kolibri dengan ekor raket (Ocreatus underwoodii) Gunakan kemampuannya yang luar biasa untuk terbang menyelinap. Burung pun berjuang untuk memenangkan persaingan dan mendapatkan bunga terbaik meski ukurannya kecil.

Fledglings sering ditemukan di “klub pertarungan” yang memiliki penampilan yang halus namun menipu. Melaporkan dari BBC EarthBerikut adalah lima rahasia burung kolibri yang tidak banyak diketahui.

Burung kolibri terbang dengan mengepakkan sayapnya 50 kali atau lebih per detik. Hewan ini juga menghasilkan dengungan. Burung memiliki kecepatan rata-rata 42 km / jam, yang berguna bagi spesies untuk bermigrasi hingga 3.200 km.

Selain itu, burung kolibri memiliki detak jantung 1.260 detak per menit, yang berarti burung perlu makan lebih banyak. Kolibri mengonsumsi lebih banyak nektar yang kaya energi daripada berat badannya setiap hari. Tak heran jika O. underwodii Kunjungi lebih dari 2.000 bunga sehari untuk menghindari kelaparan.

Memiliki metabolisme yang luar biasa

Kolibri unik di antara vertebrata karena mereka dapat menggunakan dua komponen gula, fruktosa dan glukosa dengan sangat efisien. Keduanya bisa mengantarkan darah ke otot dengan cepat. Penemuan ini didasarkan pada studi 2013 oleh University of Toronto Scarborough.

Burung bersenandung. Foto: Nicman dari Pixabay

Rekan penulis Kenneth Welch mengatakan jika burung kolibri berukuran manusia, ia harus minum sekaleng cola berkarbonasi setiap menit untuk terus berjalan sambil mempertahankan bentuk tubuhnya yang ramping.

Burung kolibri dapat bermanuver, melayang, dan menembak ke segala arah, bahkan ke belakang dan ke bawah. Penulis sebuah penelitian mengatakan bahwa burung kolibri tidak mengembangkan gerakan melayang simetris, yang merupakan daya apung yang sama antara gerakan ke bawah dan ke atas.

Ini karena sayap burung penyerbuk ini terdiri dari bulu dan tulang, yang membuatnya kurang fleksibel dibandingkan sayap serangga. Sebaliknya, burung kolibri mendapatkan tiga perempat downforce dan hanya seperempat daya apung. Kemampuan ini berbeda dengan burung lain yang 100 persen mengandalkan kekuatan drag and drop.

Kolibri bisa mengalahkan pilot dan pembalap F1

Prestasi burung kolibri burung kolibri tidak hanya untuk mencari makan, tapi juga merayu pasangan. Anna Kolibri jantan (Calypte Anna) tercatat menarik wanita pada tingkat yang lebih cepat daripada gerakan maksimum jet tempur.

Selain itu, peneliti juga kaget karena burung itu menggelengkan kepalanya dengan kecepatan seperti itu. Gerakan ini kemudian mencapai apa yang disebut gaya-g 34, lebih dari 6 g yang biasanya dihadapi oleh pembalap Formula 1. Manuver seperti itu dilakukan burung di udara untuk menghilangkan air dari bulunya saat cuaca basah.

Kolibri adalah inspirasi bagi para profesional penerbangan

Burung kolibri berukuran kecil dan masih muncul di udara untuk menginspirasi para insinyur penerbangan. Sejauh ini, penelitian dengan kamera kecepatan tinggi telah menemukan bagaimana burung melenturkan dan melenturkan sayapnya untuk mengoptimalkan bentuk sayap dan tetap di udara.

Penelitian juga menunjukkan bahwa sayap burung kolibri lebih efisien daripada bilah helikopter mikro tercanggih di dunia. Ini karena burung kolibri dikenal menggunakan beban angkat yang lebih sedikit.

Burung bersenandung. Foto: Nicman dari Pixabay
READ  Perusahaan Cina memasok meteran pintar UP atas nama Indonesia
Written By
More from Said Rafiq

Sial, KFC telah menutup 33 cabang di stasiun kereta dan bandara

Jakarta, CNBC Indonesia – Emiten yang menjalankan restoran cepat saji KFC, PT...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *