7 jenis gula rendah, aman untuk diabetes

Jakarta, CNN Indonesia –

Penderita diabetes Secara umum konsumsi buah dibatasi karena kandungannya gula tinggi, meski ada juga buah-buahan rendah gula yang bisa dimakan.

Buah mengandung karbohidrat dan sejenis gula alami, atau fruktosa, yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Memang mulai dari WebMDBuah juga mengandung vitamin, mineral, dan komponen yang disebut fitokimia.

Fitokimia membuat buah ini memiliki “kemampuan” untuk mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan stroke. Tetap penting untuk memasukkan porsi buah yang benar dan seimbang dalam makanan harian Anda. Anda juga bisa mempertimbangkan berbagai jenis buah yang rendah gula dan aman bagi penderita diabetes.


1. Lemon

Foto: Piksel Mentah
Ilustrasi lemon

Buah jeruk seperti lemon dan jeruk nipis mengandung sedikit gula. Mulai dari Healthline, per buah lemon atau jeruk nipis hanya mengandung sekitar 1 gram gula pasir. Anda bisa menambahkan buah rendah gula ini ke air biasa sebagai air infus. Konsumsi cairan yang diawetkan, ada manfaat vitamin C yang juga membantu menekan nafsu makan.

2. Sejak

Ilustrasi buah beriFoto: PublicDomainPictures / Pixabay
Ilustrasi buah beri

Buah beri seperti stroberi, raspberry, dan blueberry dianggap “makanan super” untuk diabetes. Mulai dari Everyday Health, kaya akan antioksidan dan serat. Misalnya blueberry mengandung 84 kalori, 21 gram karbohidrat, dan 3,5 gram gula dalam 64 gram makanan. Dalam jumlah yang sama, stroberi hanya mengandung 3,5 gram gula, sedangkan raspberry mengandung sekitar 2,5 gram.

3. Kiwi

Ilustrasi buah kiwiFoto: Meditasi / Pixabay
Ilustrasi buah kiwi

Secara teknis, kiwi juga mengandung buah beri yang merupakan buah rendah gula. Kiwi tinggi vitamin C dan sedikit gula. Hanya sekitar 6 gram per buah. Selain itu, mulailah dari Kesehatan sehari-hariSetiap buah mengandung 215 miligram potasium, 2 gram serat, 10 gram karbohidrat, dan 42 kalori.

READ  Robot Penjelajah Tingkat Lanjut NASA Diluncurkan ke Mars, Kamis Minggu Ini

4. Alpukat

Ilustrasi alpukatFoto: skeeze / Pixabay
Ilustrasi alpukat

Alpukat mungkin tidak masuk ‘top of mind ‘ ketika Anda memikirkan tentang buah dan kandungan gula. Padahal buah alpukat merupakan salah satu buah yang rendah gula dan aman melawan diabetes. Alpukat hanya mengandung 1 gram gula. Buah ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai sumber lemak sehat agar perut Anda kenyang lebih lama.

5. Jeruk

Ilustrasi buah jerukFoto: Daria-Yakovleva / Pixabay
Ilustrasi buah jeruk

Jeruk adalah buah rendah gula. Satu jeruk dapat memberi Anda 78 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Di balik rasa manisnya yang segar, jeruk ternyata memberikan 12 gram gula dan kurang dari 70 kalori. Meski jumlahnya 12 gram cukup besar, jeruk juga mengandung asam folat (10 persen dari kebutuhan harian Anda) dan kalium (5 persen dari kebutuhan harian Anda) yang dapat membantu mengontrol tekanan darah.

6. Semangka

Semangka memang menjadi ikon di musim kemarau atau saat terik matahari. Kandungan gulanya kurang dari 10 gram per 128 gram sajian. Sebagai bonus, semangka dapat membantu melawan rasa haus dan lapar pada saat bersamaan karena kandungan airnya.

7. Pir

Tumpukan buah pir kuning matang diisolasi dengan latar belakang putihFoto: Istockphoto / Pineapple Studio
pir

Pir adalah buah rendah gula yang pantas dimasukkan ke dalam makanan Anda. Buah ini bisa dibilang sumber serat yang baik karena buah pir mengandung hampir 5,5 gram serat, atau 20 persen dari kebutuhan serat harian Anda. Pir juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Buah pir berukuran sedang memiliki indeks glikemik 30, sehingga bisa menjadi alternatif pilihan buah rendah gula bagi penderita diabetes.

(the / chs)

[Gambas:Video CNN]


Written By
More from Ubayd Saleh

Ditemukan tanda-tanda kehidupan, planet Venus jadi buruan para peneliti

GALAMEDIA – Penemuan gas itu bisa jadi pertandatanda kehidupan dari Planet venus...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *