Alarm palsu guys! Ayo lanjutkan Serok, IHSG akan jadi Nanjak lagi

Jakarta, CNBC Indonesia – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali merangsek ke zona hijau setelah tiba-tiba jatuh ke zona merah akibat gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang diduga terjangkit virus corona, terpantau IHSG. berada di zona revaluasi dan terbang pada perdagangan hari ini Selasa (01.12.20) sebesar 0.87% ke level 5.661.46.

IHSG mampu mencapai green kuat menyusul rilis data manufaktur PMI, di mana IHS Markit melaporkan aktivitas manufaktur pada indeks manajer pembelian (PMI) sebesar 50,6 pada November 2020. Hal tersebut sejalan dengan peningkatan hampir tiga poin dibandingkan posisi bulan sebelumnya yang sebesar 47,8, bahkan jauh di atasnya. Konsensus memperkirakan PMI Indonesia hanya ada di area 47,2.

PMI menggunakan angka 50 sebagai titik awal. Jika sudah di atas 50 berarti dunia bisnis sedang memasuki fase ekspansi. Kalau di bawah 50, masih menyusut.


Selain itu, data inflasi November yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) juga membawa kabar baik, dengan inflasi sebesar 0,28% pada November setelah triwulan terakhir atau disebut juga tiga bulan berturut-turut dari Juli hingga September. . Indonesia mengalami deflasi yang menandakan adanya masalah. Daya beli masyarakat lemah.

Per November sendiri, konsensus masih memprakirakan inflasi 0,21%, yang berarti rilis BPS lebih baik dari konsensus dan ini menjadi sentimen positif bagi pelaku pasar karena angka ini menunjukkan bahwa daya beli masyarakat Orang secara bertahap pulih dan menjadi inflasi tertinggi sejak Februari sebelum wabah Covid-19 di negara itu sebesar 0,28%.

Baru-baru ini, Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, mengumumkan positif Covid-19 usai uji PCR. Anies merupakan salah satu pimpinan daerah yang mengumumkan positif terjangkit Covid-19. Dia kembali mengimbau kepada warga Jakarta bahwa virus Covid-19 bisa menyerang siapa saja tanpa mengetahui statusnya dan bahwa Covid-19 masih ada.

READ  Terakhir, ponsel BM akan diblokir total di Indonesia mulai malam ini

Kepada seluruh warga, doakan agar kita sembuh dan kembali bekerja penuh di balai kota. Saya ingatkan Covid masih ada. Bisa terjadi pada siapa saja. Mari kita pakai masker secara disiplin, cuci tangan secara teratur, jaga jarak, Upaya harus dilakukan bersama-sama melindungi dari risiko penularan. “Semoga Allah memberkati kota Jakarta dan melindungi kita semua,” kata Anies di kanal YouTube miliknya, Selasa (1 Desember).

Analisis teknis

Foto: Tri Putra / CNBC Indonesia
IHSG Teknis

Pergerakan IHSG menggunakan periode hourly (hourly) dari indikator Boillinger Band (BB) dengan metode upper limit (resistance) dan lower limit (support surface). Saat ini IHSG berada di batas bawah, sehingga pergerakan IHSG lebih lanjut berpotensi terapresiasi.

Untuk membuat kecenderungan bullish atau lebih kuat, level resistance di area 5.719 harus dilampaui. Untuk melanjutkan tren bearish atau penurunan, level support perlu dilampaui di area 5.601.

Indikator Relative Strength Index (RSI) adalah indikator momentum yang membandingkan tingkat kenaikan dan penurunan harga terkini selama periode waktu tertentu dan digunakan untuk mengidentifikasi kondisi overbought di atas level 70-80 dan oversold di bawah level 30 untuk mengenali. Tanggal 20

Saat ini RSI berada di area 45 yang walaupun tidak terdapat indikator oversold namun demikian pergerakan indikator RSI sedang berkonsolidasi setelah jatuh ke dalam zona oversold, sehingga biasanya mengindikasikan bahwa pergerakan IHSG selanjutnya akan cenderung terapresiasi. .

Secara keseluruhan, melalui pendekatan teknis dengan indikator BB di batas bawah, langkah selanjutnya cenderung bullish atau dinilai. Hal ini juga diperkuat dengan kemunculan indikator RSI yang sedang konsolidasi ke atas.

Indeks harus melewati (menembus) salah satu level resistance atau support untuk melihat arah pergerakan selanjutnya.

READ  Ini tanggapan Batik Air yang dicap tidak patuh terhadap protokol kesehatan di pesawat

TIM PENELITI CNBC INDONESIA

[Gambas:Video CNBC]

(trp / trp)


Written By
More from Said Rafiq

Superindo Promo weekday hari ini, 14 Desember 2020, diskon terus berlanjut!

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Promo Superindo hari ini weekday, Senin 14 Desember 2020,...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *