Apple akan menurunkan tarif komisi untuk pengembang di App Store

Tingkat komisi untuk pengembang dengan penghasilan kurang dari $ 1 juta hanya 15 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Apple mengumumkan penurunan tarif komisi App Store. Pemotongan komisi ini merupakan bagian dari program bisnis kecil baru.

Program baru ini memungkinkan pengembang yang berpenghasilan kurang dari $ 1 juta setahun untuk mendapatkan diskon komisi Toko aplikasi sebesar 15 persen.

Jumlah ini setengah dari standar Apple. Biasanya, Apple membebankan komisi sebesar 30 persen untuk semua pendapatan aplikasi berbayar dan pembelian dalam aplikasi.

Perusahaan mengatakan “sebagian besar” pengembang aplikasi iOS harus memiliki akses ke program tersebut. Namun, Apple menolak mengatakan berapa persen dari lebih dari 28 juta pembuat aplikasi terdaftar yang akan memenuhi syarat. Apple juga menolak untuk mengungkapkan seberapa besar pendapatan dari App Store akan terpengaruh oleh pengurangan komisi tersebut.

Melaporkan dari TepiMenurut perusahaan analisis Sensor Tower, diperkirakan 98 persen pengembang akan memenuhi syarat untuk pemotongan 15 persen pada Kamis (19 November). Namun, pengembang tersebut hanya meraih lima persen dari total penjualan App Store tahun lalu.

Program bisnis kecil baru akan berlaku pada 1 Januari 2021. Pengembang harus mendaftar untuk program tersebut. Apple mengumumkan bahwa informasi lebih lanjut tentang proses dan persyaratan persetujuan lainnya serta tenggat waktu akan dirilis pada bulan Desember.

Apple tidak menjelaskan secara detail mengapa pengembang tidak secara otomatis disertakan dalam program. Mewajibkan pengembang untuk mendaftar berpotensi mengurangi risiko penipuan atau penyalahgunaan lain yang dapat terjadi jika Apple secara otomatis mendaftarkan siapa pun di bawah ambang batas.

Apple hari ini menetapkan beberapa aturan program. Perusahaan mengatakan akan melihat hasil pengembang pada 2020 untuk menentukan kelayakan mulai Januari. Pengembang baru juga dapat segera memenuhi syarat.

READ  Direkomendasikan HP Rp 1 jutaan pada Oktober 2020, Xiaomi Redmi 8 pada OPPO A12

Aplikasi dengan penjualan lebih dari $ 1 juta akan otomatis dihapus dari program ini. Mereka dikenai pemotongan standar sebesar 30 persen.

Jika penghasilan pengembang turun di bawah $ 1 juta pada tahun kalender mendatang, Apple mengatakan mereka dapat kembali memenuhi syarat untuk program dan menurunkan tarif komisi.

CEO Apple Tim Cook menggambarkan langkah tersebut sebagai cara untuk mendukung bisnis kecil. Bisnis kecil adalah tulang punggung ekonomi global dalam komunitas di seluruh dunia.

“App Store telah menjadi mesin pertumbuhan ekonomi yang tak terkalahkan, menciptakan jutaan pekerjaan baru dan jalan menuju kewirausahaan yang dapat diakses oleh siapa pun yang memiliki ide hebat. Program baru kami mendorong kemajuan itu, membantu pengembang mendanai bisnis kecil mereka dan Ambil risiko dengan ide-ide baru, kembangkan tim Anda, dan teruslah membangun aplikasi yang memperkaya kehidupan orang, “kata Cook.

Written By
More from Witha Samad

Apakah ada Shiny Lillipup di Pokemon GO? Kapan itu berkembang?

Pokemon Go telah mendapatkan popularitas luar biasa di komunitas game seluler sejak...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *