Apple mendenda Rs 19 miliar untuk klaim iPhone tahan air

KOMPAS.com – – Panggilan kembali dalam masalah hukum. Kali ini perusahaan asal Cupertino, California, AS itu didenda 10 juta euro atau sekitar 169 miliar rupee oleh pengelola persaingan pasar Italia AGCM.

Baik dijatuhkan pada Apple karena membuat klaim yang menyesatkan tentang daya tahan iPhone untuk udara.

Apple mengklaim iPhone 8 hingga iPhone 11 dalam materi iklan produknya tahan air hingga 30 menit di kedalaman empat meter.

ACGM mengkritik Apple karena gagal memberikan bukti yang jelas untuk mendukung klaim tersebut. Juga dipahami bahwa Apple belum menjelaskan bahwa klaim ini hanya berlaku dalam keadaan tertentu.

Baca juga: Polisi disuap dengan ratusan iPad, dan bos Apple diancam dengan penjara

AGCM melanjutkan dengan mengatakan bahwa klaim “tahan air” hanya dapat dibuktikan jika Smartphone Ini “direndam” dalam air bersih, misalnya air higienis yang dikendalikan oleh mesin laboratorium.

udara Pada tingkat kebersihan tersebut, lanjut AGCM, hal tersebut dinilai tidak sesuai dengan dunia nyata, dimana kondisi air justru bisa lebih kotor dan tercampur dengan bahan lain.

AGCM juga menuduh Apple tidak memberikan informasi yang tidak jelas tentang kerusakan garansi. Ini karena garansi Apple untuk produk iPhone tidak termasuk kerusakan air.

Apple sendiri belum mengomentari tuduhan tersebut Baik diajukan oleh AGCM.

Sanksi berupa denda yang harus dibayarkan Apple bukan yang pertama kali pada tahun ini. Pada bulan April, regulator Prancis mendenda Apple sekitar $ 27 juta (sekitar Rs. 382 miliar) karena menginginkan perusahaan lebih terbuka terhadap praktiknya.

Baca juga: Apple membayar 1,6 triliun rupee setelah sengaja memperlambat iPhone

Di bulan November, Apple juga membayar denda sebesar $ 113 juta, atau sekitar Rs. 1,6 triliun, karena memperlambat kinerja iPhone Memperbarui iOS, dirangkum KompasTekno dari Washington Post, Selasa (1 Desember 2020).

READ  Huawei menunjukkan foto zoom bulan dari Mate 40

Written By
More from Witha Samad

Elon Musk secara resmi menerbitkan teknologi implan otak. Apa ini?

Jakarta, CNBC Indonesia – Setelah sekian lama melakukan coding, Elon Musk dan...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *