Asteroid yang mengikuti Mars dikatakan sebagai kembaran bulan

CALIFORNIA, iNews.id – asteroid Pelacakan jejak gravitasi Mars telah diamati dengan lebih detail daripada sebelumnya. Dari dekat, batuan luar angkasa ini memiliki sesuatu yang menarik.

Asteroid bernama (101429) 1998 VF31 ini merupakan bagian dari kelompok asteroid Trojan yang berbagi orbit Mars. Perlu dicatat bahwa Trojan adalah benda langit yang jatuh ke dalam wilayah ruang angkasa dengan gravitasi seimbang di sekitar planet lain yaitu 60 derajat di depan dan di belakang planet.

Asteroid Trojan yang paling dikenal berbagi orbit Jupiter. Tetapi ada juga asteroid Trojan yang berbagi orbit dengan planet lain, termasuk Mars dan Bumi.

Apa yang membuat (101429) 1998 VF31 (selanjutnya ‘101429’) menarik adalah bahwa 101429 terlihat unik di antara Trojan yang mengejar Mars. Grup lain, L5 Mars Trojans, milik keluarga Eureka.

Namun, 101429 berbeda, dan dalam studi baru yang dilakukan oleh para astronom di Armagh Observatory and Planetarium (AOP) di Irlandia Utara, para peneliti ingin menyelidiki alasannya.

Menggunakan spektrograf yang disebut X-SHOOTER pada Large Telescope (VLT) sepanjang 8 meter di European Southern Observatory di Chili, tim mempelajari bagaimana sinar matahari dipantulkan oleh 101429 dan kerabat L5-nya di keluarga Eureka.

Sepertinya 101429 dan klan Eureka tidak terkait. Berdasarkan analisis, 101429 mengungkapkan kesesuaian spektrum untuk satelit yang lebih dekat ke rumah.

“Spektrum asteroid khusus ini tampaknya hampir mati untuk bagian bulan di mana batuan dasar yang terbuka seperti bagian dalam kawah dan pegunungan terlihat,” jelas ahli astrokimia AOP Galin Borisov. Peringatan sains, Jumat (6/11/2020).

Meskipun tidak jelas mengapa ini terjadi, para peneliti mengatakan masuk akal bahwa Trojan Mars dimulai di suatu tempat yang jauh dari Planet Merah, dengan 101429 mewakili “fragmen peninggalan dari kerak bulan padat asli.”

READ  Jumat pagi, Bumi lepas landas dari ISS dengan tiga astronot

Editor: Dini Listiyani

Written By
More from Said Rafiq

Setelah 16 tahun, NASA akhirnya berhasil mempelajari asteroid Bennu yang “mengancam bumi”.

AKURAT.CO, Kabar baik tentang misi eksplorasi asteroid Bennu akhirnya datang dari Badan...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *