Awalnya, Jor-joran memberikan suntikan uang tunai untuk menarik 4.000 pekerja, kini China diam-diam „ menggerogoti “ perekonomian Timor-Leste, hampir semua toko dan mall di Lorosae dikuasai oleh negeri tirai bambu – semua halaman

Awalnya, Jor-joran memberikan suntikan uang tunai untuk menarik 4.000 pekerja, kini China diam-diam „ menggerogoti “ perekonomian Timor-Leste, hampir semua toko dan mall di Lorosae dikuasai oleh negeri tirai bambu – semua halaman

Patung Kristus Raja, ikon Timor Leste

GridPop.ID – Di 1999, Timor Leste putus dengan indonesia.

Tapi baru pada tahun 2002, Lorosae Land dapatkan pengakuan internasional.

Negara pertama yang mengakui kedaulatannya Timor Leste saat ini Cina.

Baca juga: Minta Lesty Kejora Segera Telpon Suaminya Calon Suami, Intip Apartemen Mewah Rizky Billar seharga Rp 5 Miliar yang Bikin Hebat Temannya: Crazy Billar

Tak hanya itu, Tiongkok juga berkontribusi pada proyek Tasi Mane.

Bahkan diperkirakan sekitar 4.000 orang dibawa dari China ke Timor-Leste.

Mereka membangun basis ekonomi, mulai dari sektor ekonomi kecil hingga besar.

Baca juga: Di tengah keheningan tersebut, Nadya Mustika akhirnya memperlihatkan taringnya bahwa Gegara disebut pertama kali hamil, sehingga para pengguna internet mencibir diri setelah menyinggung masalah hukum.

Berdasarkan Pesan Pagi dari Cina Selatan, di Plaza Timor, hampir semua toko dan bisnis dimiliki oleh orang Tionghoa.

Sebut saja Ma Liyu, wanita ini mengaku berasal dari Kota Ningde di Provinsi Fujian, China.

Ia datang ke Timor Leste untuk menukar daun teh dan aksesoris ponsel.

Ma pindah sekitar 11 tahun lalu setelah mendengar bahwa menghasilkan uang di negara itu akan mudah.

Namun, ia mengaku memulai usahanya itu tidak mudah, ia juga ditipu oleh imigran Tionghoa lainnya dan kehilangan tabungannya hingga US $ 70.000.

„Orang Cina ini bisa salah satu sama lain,“ katanya.

Baca juga: Buktikan Dirinya Sultan Sejati, Raffi Ahmad Kasi Nagita Slavina Kado Mewah Rp 6 Miliar, Tak Langsung Bahagia, Begini Respon Tak Terduga Gigi

„Mereka ingin menipu Anda demi uang, mereka menghasilkan uang, Anda kehilangan uang, itu terjadi secara teratur,“ tambahnya.

Menurut Ma, di Timor Leste ada banyak persaingan antar orang Tionghoa, tapi menurut mereka lebih baik tinggal di Timor Leste.

Siehe auch  Ratu kecantikan Piala Myanmar, 22, meminta bantuan untuk negaranya yang dituduh militer dalam kontes

Terletak 500 km dari pantai utara Australia dan berbagi perbatasan darat dengan Indonesia, Timor Leste, juga dikenal sebagai Timor-Leste, adalah negara demokrasi termuda di Asia.

Baca juga: Kabar Gembira Tetiba, Nassar Calling Bakal Jadi Penyanyi Pengiring Pengantin Pasangan Lesty Kejora dan Rizky Billar Saat Akad: Iya, Serius Tanya Mereka

Pada tanggal 30 Agustus 1999, 78,5 persen orang Timor Timur memilih untuk memisahkan diri dari Indonesia, dan pemerintah transisi PBB memerintah negara tersebut selama tiga tahun sampai ia menyetujui. untuk kemerdekaan total.

Negara ini memiliki populasi 1,3 juta dan merupakan salah satu negara termiskin di Asia-Pasifik, dengan sebagian besar warganya adalah petani subsisten.

Mica Barreto Soares, peneliti tentang hubungan Cina-Timor-Leste dan kontributor Manual Routledge Timor-Leste Kontemporer 2019.

Diperkirakan sekitar 4.000 migran Tiongkok akan tinggal di negara itu pada 2019 dan telah mendirikan 300 hingga 400 perusahaan bisnis.

Ini termasuk menjual produk dan bahan bangunan murah, serta menjalankan restoran, hotel, rumah bordil, kafe internet dan pompa bensin, tulisnya.

Namun, Kedutaan Besar China di Dili tidak pernah merilis angka tentang jumlah warganya di Timor Leste, dan banyak dari mereka mungkin tidak mendaftarkan kehadiran mereka di kedutaan atau memperpanjang visa mereka, yang membuat sulit untuk menentukan angka pastinya.

Baca juga: Mengundang Gelut Nikita Mirzani, sosok ini menjerumuskan tubuh Nyai ke dalam kondisi emosional dengan kiasan pedasnya, Indra Bekti takut: Ya Allah, sudah.

Graeme Smith, peneliti di Departemen Urusan Pasifik di Universitas Nasional Australia dan pembawa acara The Little Red Podcast, yang menangani urusan Cina.

Dia mengatakan daratan melihat kepentingan strategis dalam mengakui Timor Leste sejak awal karena persaingan geopolitiknya dengan Taiwan serta potensi Selat Wetar, yang dipandang sebagai jalur pelayaran alternatif ke Selat Malaka.

Siehe auch  Tanpa lockdown, berikut cara Thailand mengatasi puncak kasus Covid-19

„Sebagian dari alasan China terburu-buru untuk mengakui Timor-Leste pada 2002 adalah karena Timor-Leste adalah negara terbaru di dunia dan salah satu kepentingan diplomat Taiwan,“ kata Smith.

Baca juga: Mulan Jameela Digaji Rp 66 Juta Sebagai Anggota Pengurus, Tak Disangka Mantan Suami Harry Nugraha Ternyata Bekerja Keras Untuk Menghidupi Anak Tiri Ahmad Dhani

Soares mengatakan nilai investasi China di Timor Leste „sangat-sangat rendah“ dibandingkan dengan Indonesia dan Australia, tetapi investasi di bidang infrastruktur lebih terlihat.

China membantu membangun gedung kementerian luar negeri, kementerian pertahanan, dan kantor kepresidenan Timor-Leste serta jaringan listrik dan jalan raya transnasional negara itu.

Baca juga: Biasanya hanya dapat 5 tusuk, ternyata dengan modal Rp 5000 sudah bisa bikin egg roll sendiri dengan hasil yang mantap, dijamin gagal kalo tau rahasia ini!

Bulan lalu, konstruksi dimulai pada pelabuhan laut dalam senilai US $ 490 juta di Teluk Tibar di Timor-Leste, yang diberikan kepada perusahaan teknik pelabuhan nasional China.

Perusahaan China tampaknya meningkatkan ekonomi Timor-Leste dengan menurunkan harga dan meningkatkan persaingan, tetapi kolusi antara perusahaan China meningkatkan kekhawatiran.

GridPop.ID

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul,

Tidak hanya dengan menopang biaya pembangunan di Timor Leste, industri kecil negara tersebut sebenarnya dibangun oleh orang Tionghoa, diperkirakan 4.000 orang Tionghoa telah pindah ke Timor Leste.

Video Unggulan

KONTEN YANG DIPROMOSIKAN

We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

POLRESSIDRAP.COM NIMMT AM ASSOCIATE-PROGRAMM VON AMAZON SERVICES LLC TEIL, EINEM PARTNER-WERBEPROGRAMM, DAS ENTWICKELT IST, UM DIE SITES MIT EINEM MITTEL ZU BIETEN WERBEGEBÜHREN IN UND IN VERBINDUNG MIT AMAZON.IT ZU VERDIENEN. AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND WARENZEICHEN VON AMAZON.IT, INC. ODER SEINE TOCHTERGESELLSCHAFTEN. ALS ASSOCIATE VON AMAZON VERDIENEN WIR PARTNERPROVISIONEN AUF BERECHTIGTE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS HELFEN, UNSERE WEBSITEGEBÜHREN ZU BEZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.IT UND SEINEN VERKÄUFERN.
polressidrap.com