Beragam perubahan bentuk benda, dari melebur hingga mengkristal

Ilustrasi es batu. (Pixabay)

Hitekno.com – Ada yang berbeda Perubahan keberadaan benda Ini adalah peristiwa dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Dan setiap orang memiliki konsepnya sendiri.


Semua orang benda Orang-orang di sekitar kita pasti akan melihat perubahan yang ada, meski tidak terlalu terlihat. Perubahan tersebut meliputi keberadaan zat padat, cair, dan gas.


Perubahan bentuk ini biasanya terjadi sebagai akibat dari beberapa tindakan atau tindakan pada objek, seperti, B. pemanasan, pendinginan dan kondensasi.


Berikut beberapa peristiwa yang mengubah keberadaan objek, serta contohnya.


1. mencair


Peleburan adalah peristiwa transformasi suatu benda dari padat menjadi cair. Dalam hal ini zat melepaskan energi dingin.


Contohnya adalah lilin yang menyala dan meleleh menjadi cairan. Contoh lainnya adalah coklat, yang dipanaskan dengan kuat sehingga meleleh dan berubah menjadi cairan.


2. Beku


Pembekuan merupakan peristiwa yang mengubah bentuk benda dari cair menjadi padat. Dalam hal ini, zat melepaskan energi panas. Contohnya adalah air yang dibekukan di lemari es (freezer). Pembekuan adalah kebalikan dari mengubah bentuk benda yang meleleh.


3. menguap


Penguapan adalah peristiwa dimana benda cair berubah menjadi gas yang membutuhkan energi panas. Contoh dari menguap adalah proses penguapan pada air matang kemudian akhirnya bensin yang tertinggal di luar akan habis.


Ilustrasi salju. (Pixabay / Foto Gratis)


4. Kondensasi


Perubahan materi berikutnya adalah kompresi. Perubahan bentuk benda ini merupakan peristiwa perubahan bentuk benda dari gas menjadi benda cair yang membutuhkan energi panas. Contoh Peristiwa ini melibatkan es batu yang ditempatkan di dalam gelas sehingga bagian luarnya akhirnya akan basah.

READ  NASA membentuk tim Artemis. Akankah kisah wanita pertama di bulan dicetak? Semua situs


5. Kirim


Sublimasi adalah peristiwa dimana suatu benda padat diubah menjadi gas. Sublimasi dipengaruhi oleh suhu dingin. Contoh dari acara ini adalah kamper di lemari atau kamar mandi, yang pada akhirnya akan keluar dengan sendirinya.


Contoh lain dari perubahan keberadaan objek sublimasi adalah mengubah es kering atau es kering.


6. Mengkristal


Kristalisasi adalah peristiwa yang bentuknya berubah dari gas menjadi padat dan di mana energi panas dilepaskan. Contoh dari peristiwa ini adalah konversi uap menjadi salju atau uap air panas yang dibiarkan membeku di tempat yang dingin.


Ini adalah review dari beberapa peristiwa dengan perubahan bentuk dan contoh. Saya harap ini membantu! (Suara.com/ Theresia Simbolon).



Written By
More from Said Rafiq

Ribuan Toyota Avanzas telah ditarik kembali sebagai akibatnya

Jakarta – – Ribuan mobil dan jutaan orang harus ditarik kembali. UMW...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *