Berikut cara mengetahui semua penyusup di halaman jaringan WiFi kami

KOMPAS.com – Jika Anda memiliki koneksi internet dengan jaringan Akses Internet nirkabel Keamanan jaringan Anda sendiri merupakan masalah penting.

Ini karena orang lain dapat mengakses jaringan nirkabel dalam beberapa cara untuk mendapatkan akses ke Internet, mis. B. dengan membobol sandi atau mencoba menebaknya (kata sandi) WiFi.

Sekarang ada banyak cara untuk mengetahui siapa atau alat semuanya terhubung ke jaringan WiFi kami. Salah satu cara yang paling umum adalah mengunjungi halaman admin Router masing-masing melalui Browser Internet.

Namun, ini bisa dibilang kurang nyaman karena Anda harus membukanya Browser dan memiliki akses administrator ke halaman ini.

Alternatif lain adalah dengan menggunakan berbagai aplikasi pemantauan jaringan WiFi yang dapat diinstal Smartphone, bagaimana Fing – Pemindai jaringan tersedia di App Store Google Play Store dan Apple App Store.

Menariknya, aplikasi tersebut juga tersedia di Komputer Desktop (Windows / Mac) Ini dapat melihat siapa yang terhubung ke jaringan WiFi meskipun kami tidak memiliki akses ke halaman administrasi Router. Jadi bagaimana Anda menggunakannya

Cara menggunakan Fing

KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi aplikasi Fing Network Tools pada smartphone Android.

Pertama, pastikan Anda terhubung ke jaringan WiFi Anda sendiri. Dalam hal ini jaringan WiFi KompasTekno disebut “Cilok Mang Oleng”.

Kemudian unduh aplikasi Fing dari Google Play Store / App Store. Setelah iniunduhBuka aplikasi dan klik tombol “Pindai Perangkat”.

Setelah beberapa detik, Fing menampilkan daftar perangkat yang terkoneksi dengan jaringan WiFi Cilok Mang Oleng.

Pada gambar di atas, Anda dapat melihat bahwa ada sekitar 13 perangkat yang terhubung ke jaringan, termasuk nama pabrikan, model perangkat, dan alamat IP (IP). alamat) dan MAC alamat-nya.

READ  Sikat Bro! Kawasaki Ninja 250 Mendapat Diskon Besar, Harganya Sangat Besar!

Anda dapat mengklik salah satu perangkat di layar ini untuk informasi lebih lanjut tentang perangkat itu.

Jika itu bukan perangkat yang dikenali, Anda dapat menuliskan nomor MAC alamat perangkat ini dan memblokirnya di halaman admin Router yang dapat diakses melalui Browser Internet.

Blokir perangkat

Cara memblokir perangkat menggunakan pemfilteran MAC.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara memblokir perangkat menggunakan pemfilteran MAC.

Untuk memblokir perangkat, pertama-tama pastikan Anda mengetahui alamat IP-nya Router Mereka. Nomor IP Alamat router sendiri dapat dilihat melalui daftar perangkat di aplikasi Fing, di mana perangkat tersebut secara jelas diidentifikasi sebagai “router”.

Setelah merekam alamat IP Router, Anda dapat memasukkan nomor ini di alamat URL di kotak Browser Internet, baik melalui perangkat Desktop Namun Ponsel, ponsel. Dalam hal ini alamat IP KompasTekno adalah “192.168.100.1”.

Jika demikian, Anda harus memasukkannya Nama pengguna dan kata sandi Halaman administrator Router alamat IP alamat baru saja.

Jika entri berhasil, buka menu “Advanced” dan pilih menu “MAC Filtering”. Di sini klik tombol “New” dan masukkan nomor MAC alamat dari perangkat yang ingin Anda blokir. Kemudian klik tombol “Terapkan” untuk menghentikan perangkat mengakses Internet.

Baca juga: WiFi bukanlah singkatan dari wireless fidelity

Perlu dicatat bahwa pemblokiran perangkat melalui halaman administrasi ini sebenarnya berbeda dari perangkat ke perangkat Router, tergantung model dan mereknya. Router Kami sendiri diproduksi oleh Huawei dengan model HG8245H5.

Jadi, ada opsi berbeda Router Huawei lainnya memiliki tampilan halaman administrasi yang serupa, meskipun modelnya berbeda.

Padahal tidak Router Huawei, langkah inti untuk memblokir perangkat dari halaman admin Router sendiri, terutama melalui nomor MAC alamat Perangkat akan kurang lebih sama.

Pengguna dapat mencari menu di halaman administrasi Router masing-masing memiliki fungsi filter MAC atau sejenisnya.

READ  Tanda lain bahwa Indonesia di ambang resesi: Penjualan eceran turun!

Baca juga: Jangan letakkan router nirkabel di dekat microwave. Inilah alasannya

Written By
More from Said Rafiq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *