Bermain video game dapat membantu menjaga kesehatan mental

JAKARTA – Video game dapat membantu Kesehatan mental. Penelitian dari tim Universitas Oxford memperkirakan penjualan video game akan meningkat tahun ini karena lebih banyak orang yang terlantar di rumah mereka akibat pandemi COVID-19. Negara membatasi kehidupan publik.

Artikel yang dilansir Medical Xpress ini berdasarkan tanggapan survei dari orang-orang yang pernah memainkan dua game, yaitu Plants vs Zombies: Battle for Neighborville dan Animal Crossing: New Horizons. (Baca juga: 6 cara untuk membantu Anda mengatasi masalah kesehatan mental)

Pertama, penelitian ini menggunakan data dari produsen game, Electronic Arts, dan Nintendo of America tentang seberapa banyak waktu yang dihabiskan responden untuk bermain game. Ini berbeda dari studi sebelumnya yang mengandalkan estimasi pemain yang tidak akurat.

Para peneliti di Oxford Internet Institute telah menemukan bahwa jumlah waktu yang sebenarnya dihabiskan adalah faktor positif yang kecil namun signifikan dalam kesejahteraan masyarakat.

Hasilnya juga menunjukkan bahwa kesenangan yang didapat pemain dari permainan mungkin menjadi faktor yang lebih penting dalam kesejahteraan mereka daripada hanya waktu bermain.

Hasilnya mungkin menimbulkan keraguan pada keyakinan lama bahwa perjudian menyebabkan agresi atau kecanduan, meskipun penulis mengakui bahwa ini hanya gambaran singkat.

“Hasil kami menunjukkan bahwa video game tidak selalu buruk untuk Anda. “Ada faktor psikologis lain yang berdampak signifikan pada kesejahteraan seseorang,” kata Andrew Przybylski, direktur penelitian di institut tersebut.

“Padahal, judi bisa menjadi kegiatan yang baik untuk kesehatan mental masyarakat, dan mengelola video game bisa mengurangi keuntungan para penjudi,” lanjutnya.

Sebanyak 2.756 pemain Animal Crossing: New Horizons di AS, Inggris, dan Kanada dan 518 pemain Plants vs Zombies: Battle for Neighborville telah disurvei. Mereka diminta untuk mengisi survei tentang pengalaman mereka yang sesuai dengan waktu bermain yang dicatat oleh perusahaan game. (Baca juga: Reinold Lawalata ternyata adalah orang iseng, wali pemain 4)

READ  Beda dengan Rp 800 Ribu, Inilah Perbedaan Spesifikasi Oppo A33 dan A53

Kurangnya transparansi oleh produsen game telah lama menjadi masalah bagi para ilmuwan yang ingin mengetahui perilaku pemain. Penelitian sebelumnya yang memberikan nasihat kepada orang tua dan pembuat kebijakan dilakukan tanpa database yang solid, menurut penulis.

(tdy)

Written By
More from Witha Samad

Galaxy A72 4G dengan Sanpdragon 720G dan Android 11 muncul di …

Memuat… SEOUL – Varian Samsung Galaxy A72 4G dengan nomor model SM-A725F...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *