Blinken mengatakan dia memulai dialog strategis dengan Indonesia

Blinken mengatakan dia memulai dialog strategis dengan Indonesia

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pada hari Selasa bahwa ia akan memulai “dialog strategis” antara AS dan Indonesia selama pembicaraan di Washington dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi. Blinken mengatakan kepada wartawan pada pertemuan dengan Marsudi di Departemen Luar Negeri bahwa dialog antara kedua negara telah disepakati beberapa tahun yang lalu, tetapi sekarang sebenarnya sedang dimulai pada pertemuan mereka di Washington.

“Indonesia adalah mitra demokrasi yang kuat dengan Amerika Serikat, kami bekerja sama di banyak bidang yang berbeda,” kata Blinken. Marsudi mengatakan kemitraan yang kuat dengan Indonesia, negara dan ekonomi terbesar di Perhimpunan Sepuluh Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), “akan menjadi aspek kunci dari peningkatan keterlibatan AS di kawasan ini.”

Dia mengatakan Amerika Serikat adalah salah satu mitra utama ASEAN dalam mengimplementasikan prospeknya untuk Indo-Pasifik. “Adalah harapan saya, dan pemerintah Indonesia, untuk memajukan hubungan bilateral dengan AS dari kesehatan ke SDGs, dari pendidikan ke bisnis dan seterusnya,” katanya, menggunakan akronim untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Blinken mengatakan Washington menantikan kepresidenan G20 Indonesia tahun depan dan untuk membahas perdagangan dan investasi bilateral, serta masalah dan tantangan regional, di mana kedua negara bekerja sama secara erat. Dia mengatakan dia dan Marsudi berencana untuk membahas COVID-19, mencatat bahwa Washington baru-baru ini menambahkan 3,5 juta dosis vaksin ke 4,5 juta yang sudah dibagikan dengan Indonesia. Dia mengatakan kedua negara juga bekerja sama dalam hal oksigen dan terapi.

Pembicaraan Blinken dengan Marsudi terjadi sebelum menghadiri pertemuan tingkat menteri virtual antara AS dan blok tersebut. Blinken berpartisipasi dalam pertemuan seminggu dengan rekan-rekan regional untuk menunjukkan bahwa mereka serius tentang Asia Tenggara untuk mendorong kembali pengaruh China yang semakin besar.

Siehe auch  Pelajari tentang kanker usus besar, penyakit yang membunuh Chadwick Boseman, yang berperan sebagai Black Panther

(Cerita ini tidak diedit oleh staf Devdiscourse dan secara otomatis dihasilkan dari umpan sindikasi.)

We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

polressidrap.com