Bocah 9 tahun merencanakan toilet di luar angkasa untuk …

Memuat…

MALAYSIA – Pergi ke kamar mandi untuk astronot adalah masalah besar. Nah, Zyson Kang, warga Malaysia berusia 9 tahun, telah mendesain ulang pakaian antariksa tersebut agar para astronot dapat buang air kecil dengan nyaman. BACA JUGA: Qualcomm memperkenalkan Snapdragon 888 5G di Snapdragon Tech Summit Digital 2020

Pada Juni tahun lalu, Administrasi Dirgantara AS (NASA) mengumumkan rencana untuk mengirim orang kembali ke bulan pada 2024. Dan karena astronot adalah orang yang perlu ke kamar mandi, NASA perlu mengembangkan solusi toilet yang sempurna di luar angkasa tanpa gravitasi. Baik di luar angkasa maupun di bulan. Mereka juga memulai kompetisi yang disebut Tantangan Lunar Loo. Dibagi menjadi dua kategori: dewasa dan anak-anak (junior).

Setelah mempelajari hampir 900 kiriman di kategori Junior, NASA akhirnya memilih pemenangnya. Yaitu Zyson Kang, warga negara Malaysia berusia 9 tahun.

Lunar Toilet Spacesuit, desain Kang, dirancang agar pas dengan nyaman dalam pakaian antariksa.

Dalam ruang hampa, desain perangkat toilet dikemas dalam setelan ruang angkasa. Juga memiliki fungsi khusus. Artinya, ruang hampa dibuat untuk menyerap cairan yang dikeluarkan oleh astronot.

BACA JUGA: Snapdragon 888 dapat mengontrol mobil RC dari jarak jauh tanpa tertinggal di jaringan 5G mmWave

Yang harus dilakukan astronot hanyalah menggerakkan kaki mereka, yang kemudian mengalirkan urin mereka ke dalam wadah yang disimpan di sepatu bot mereka.
Yang terbaik dari semuanya, perangkat tidak memerlukan baterai atau adaptor daya untuk berfungsi. Itu membuat cara kerjanya sangat mudah dan murah.

Menurut magang Kang di I-Discovery World Science Center di Selangor, Malaysia, bocah itu memiliki bakat untuk menciptakan sesuatu. Dia suka membaca dan selalu ingin tahu. Kang sangat menyukai sains, terutama astronomi, ”kata Chong Soo Sheong dari I-Discovery World.

READ  Diteliti di AS, Ini Detail Jenis Meteorit yang Ditemukan Lae Hutagalung

Chong dan Kang memulai proyek tersebut pada bulan Juni dan menyerahkannya kepada juri Lunar Loo NASA pada bulan Agustus.

Bocah 9 tahun merencanakan toilet di luar angkasa untuk NASA

“Pada 29 Oktober, NASA mengundangnya untuk mempresentasikan modelnya di webinar. Tim NASA terkesan dengan kesederhanaan model tersebut,” kata Chong.

Kang mengalahkan lebih dari 897 peserta dari 85 negara. Faktanya, desain toilet pakaian antariksa Kang tidak bisa hanya digunakan untuk pakaian antariksa. Tetapi juga profesional medis dalam situasi darurat.

“Saya tidak dapat membayangkan betapa buruknya pergi ke kamar mandi ketika Anda mengalami keadaan darurat medis. Bagaimana dokter buang air kecil? Misalnya, petugas medis biasanya perlu melepas atau mengganti alat pelindung diri (APD) mereka saat pergi ke kamar mandi saat menangani pasien COVID-19, ”kata Chong.

Dengan model toilet kompak dari Kang, dokter dan perawat dapat beristirahat di toilet mereka dalam keadaan darurat tanpa harus mengganti atau melepas pakaian APD mereka.

(dan)

Written By
More from Said Rafiq

Luar biasa! Antam ternyata menggarap Gunung Emas seharga 228 triliun rupee!

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) mengincar pengelolaan Gunung...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *