Bunga bangkai pertama mekar jauh dari rumah di kebun Bogor – Nusantara

Bunga bangkai pertama mekar jauh dari rumah di kebun Bogor – Nusantara

Theresia Sufa (The Jakarta Post)

Bogor, Jawa Barat ●
Kam, 15 September 2022

2022-09-15
14:30

acb46bb3015c754a01ddf4e65a0685b9
1
Kepulauan
Bunga bangkai,Rafflesia-arnoldi,bogor,Jawa Barat,botani,penelitian,kebun raya
Gratis

Kebun Raya Bogor di Jawa Barat mencatat tonggak sejarah pada hari Selasa ketika ditemukan bunga rafflesia (Rafflesia arnoldii) telah mekar di taman ikonik, jauh dari habitat hutan aslinya di Sumatera.

Bunga raksasa juga dikenal sebagai bunga bangkai, karena mengeluarkan bau busuk menyerupai daging yang membusuk untuk menarik lalat pemakan bangkai, yang membantu penyerbukannya selama periode berbunga lima sampai tujuh hari.

Sofi Mursidawati, peneliti raflesia di Balai Konservasi Tumbuhan, telah mencoba membudidayakan bunga di luar habitat aslinya di Sumatera dan pulau Kalimantan selama 16 tahun terakhir.

„Ini [bloom] diameternya tidak lebih dari 60 sentimeter, tetapi saya telah memastikan bahwa itu adalah Rafflesia arnoldii bunga,” kata Sofi The Jakarta Post pada hari Rabu, dengan senyum lebar.

Kebun raya telah berhasil tumbuh Rafflesia patmaanggota lain dari Rafflesiaceae famili tumbuhan parasit, yang memiliki bunga lebih kecil dari Rafflesia arnoldii (R. arnoldii).

Jadi baca: Bunga langka Rafflesia perlu dihemat

R. arnoldii menghasilkan bunga terbesar di dunia, dengan bunga yang berkembang penuh dengan berat hingga 11 kilogram dan berdiameter hampir 1 meter.

Sofi mengatakan bunga bangkai pernah mekar di lokasi penelitian tanaman itu pada 2006 lalu. Rafflesia arnoldii benih saat itu, tepat di tepian Sungai Ciliwung yang melewati kebun-kebun,” ujarnya.

Semua anggota Rafflesiaceae famili tumbuhan bersifat parasit dan memiliki organ khusus yang menempel pada tumbuhan merambat Tetrastigma tanaman, hidup langsung dari tanaman inang melalui jaringan seperti benang dengan bunga satu-satunya bagian tanaman yang terlihat.

Siehe auch  Indonesia Lepaskan Kapal Tanker Panama Iran yang Dicegat Saat Mentransfer Minyak Secara Ilegal ke Laut - BeritaBenar

Sumatera diketahui memiliki 11 spesies Tetrastigma genus, yang termasuk dalam keluarga anggur.

“Menariknya, ini R. arnoldii tumbuh di Tetrasigma lanceolarium yang ditanam di kebun pada tahun 1953 sebagai hasil pertukaran benih dengan Amerika Serikat,” kata Sofi.

itu Raflesia genus memiliki 33 spesies yang diketahui hanya ditemukan di hutan hujan Asia Tenggara. Dari 14 spesies asli Indonesia, 11 spesies endemik di pulau Sumatera. Tanaman unik ini terancam oleh perusakan habitat serta perburuan untuk tujuan pengobatan, dan beberapa spesies terancam punah.

Deforestasi telah menyebar dengan cepat ke seluruh Sumatera dan menimbulkan risiko serius bagi flora dan fauna asli pulau itu.

Sumatera dilaporkan memiliki 25 juta hektar hutan alam pada tahun 1985, tetapi hanya 11 juta hektar yang tersisa hanya 31 tahun kemudian pada tahun 2016, dengan sebagian besar hilang karena deforestasi.

Studi telah menemukan bahwa habitat yang cocok untuk budidaya R. arnoldii sebagian besar terjadi di provinsi Lampung, Bengkulu, Sumatera Barat dan Aceh di sepanjang pegunungan Bukit Barisan, yang membentang dari Lampung di Sumatera Selatan hingga Aceh. Variabel lingkungan yang penting untuk perkembangan bunga bangkai dan tetrasigma tanaman inang adalah suhu rata-rata, kemiringan lereng, elevasi dan kualitas dan jenis tanah.

Artikel Desember 2021 di Nasional geografis pada Sofi mencatat bahwa ahli botani adalah orang pertama yang berhasil membudidayakan Rafflesia patma melalui okulasi di kebun Bogor.

Upaya telah dilakukan untuk berkultivasi R. arnoldii di luar habitat aslinya untuk melestarikan spesies langka sejak 1818, tetapi semuanya tidak berhasil – hingga minggu ini. (dre)


We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

POLRESSIDRAP.COM NIMMT AM ASSOCIATE-PROGRAMM VON AMAZON SERVICES LLC TEIL, EINEM PARTNER-WERBEPROGRAMM, DAS ENTWICKELT IST, UM DIE SITES MIT EINEM MITTEL ZU BIETEN WERBEGEBÜHREN IN UND IN VERBINDUNG MIT AMAZON.IT ZU VERDIENEN. AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND WARENZEICHEN VON AMAZON.IT, INC. ODER SEINE TOCHTERGESELLSCHAFTEN. ALS ASSOCIATE VON AMAZON VERDIENEN WIR PARTNERPROVISIONEN AUF BERECHTIGTE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS HELFEN, UNSERE WEBSITEGEBÜHREN ZU BEZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.IT UND SEINEN VERKÄUFERN.
polressidrap.com