Catatan Isaac Newton tentang Lelang Kiamat, Apa Isinya?

HARIANHALUAN.COM – Meski mampu menyampaikan pemahaman manusia tentang alam semesta, Newton juga memiliki beberapa pemikiran yang bisa dibilang “gila” pada zamannya. Dalam catatan yang pernah dipublikasikan ilmuwan Inggris itu, ternyata ia merinci pencariannya atas rahasia piramida Mesir kuno.

Dilaporkan MatahariDari apa yang tertulis dalam catatannya pada abad ke-17, Newton percaya bahwa pengukuran struktural dapat membantunya memprediksi akhir dunia.

Tiga halaman catatan yang dia tulis tentang kiamat ini akan dilelang. Periode penawaran berakhir hari ini, Selasa (8/12).

Catatan tersebut berasal dari tahun 1680-an dan termasuk meditasi di Piramida Besar Mesir, unit pengukuran kuno, dan nubuatan Alkitab. Biarlah Newton berharap ini memberikan bukti untuk teori gravitasinya.

Dalam tulisan Newton yang terbakar, ilmuwan kelahiran 25 Desember 1642 ini mempelajari piramida di Woolsthorpe Manor di Lincolnshire, Inggris pada akhir abad ke-17. Dia mengklaim bahwa mengungkap rahasia tentang bangunan itu dapat membantu memecahkan teka-teki lain di seluruh dunia.

Newton mencoba dengan tergesa-gesa untuk menentukan satuan ukuran yang digunakan orang Mesir kuno dalam membangun piramida.

Dia yakin orang Mesir kuno tahu bagaimana mengukur bumi. Newton menemukan bagaimana orang Mesir mengukur piramida dan mampu menghitung keliling planet Bumi.

Newton berharap ini akan membawanya ke pengukuran kuno lainnya, termasuk kemampuan menghitung dimensi Kuil Sulaiman, tempat Kiamat diharapkan. Semoga ini, pada gilirannya, membantu memprediksi akhir dunia.

Newton dikenal karena teorinya tentang matematika dan astronomi.

Namun, di luar dugaan, ia juga menghasilkan banyak karya yang kini diklasifikasikan sebagai studi okultisme, studi tentang kekuatan magis.

Newton menyimpan pandangannya tentang rahasia supernatural karena takut merusak karier briliannya di bidang sains dan filsafat. Gabriel Heaton, spesialis manuskrip Sotheby, mengatakan ini adalah catatan yang sangat menarik karena menampilkan Newton yang mencoba memecahkan misteri piramida.

READ  Punya orbit yang aneh, suhu planet asing terlalu panas

“Makalah ini membawa Anda dengan sangat cepat ke inti dari beberapa pertanyaan terdalam yang dieksplorasi Newton,” kata Heaton.

Hampir 300 tahun setelah kematiannya, nama Newton dikenang karena ide-ide ilmiahnya yang inovatif. Teorinya tentang gravitasi dan gerak mengubah pemahaman manusia tentang alam semesta dengan menjelaskan pergerakan benda dalam kondisi sehari-hari.

Written By
More from Said Rafiq

Rupiah dibuka melemah tembus Rp 14.912 per dolar AS

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah Terhadap dolar AS yang diperdagangkan di...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *