China Kembali Mengeluarkan Jebakan Utang, Negara Kecil Kaya Sumber Daya di Asia Tenggara Mengundurkan Diri Untuk Menyerahkan ‘PLN’ Karena Gagal Bayar Hutang

Sosok.ID – Usaha Cina menguasai dunia dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah jebakan hutang.

Cina menjebak negara-negara kecil dengan meminjamkan sejumlah besar uang yang tidak mampu mereka beli.

Lewat sini, Cina dituduh menggunakan pinjaman besar-besaran untuk menyita aset dan membangun pangkalan militer di negara kecil dunia ketiga.

Negara-negara, dari Asia hingga Afrika, merupakan daftar panjang negara-negara yang berada di bawah perangkap hutang dipasang oleh Cina.

Baca juga: Mendengar Kalimat Menggoda Berkali-kali, Kicauan Burung Beo Berhasil Membongkar Perselingkuhan Suami Istri, Sang Istri pun Tertegun Saat Mengetahui Kalimat tersebut

Bukan sekedar perkiraan, nyatanya sudah ada negara yang menunggak utang dan terpaksa menyerahkan kendali atas aset negaranya atau membiarkan China membangun pangkalan militer di negaranya.

Beberapa orang menyebut upaya China licik ini sebagai “diplomasi perangkap utang” atau “kolonialisme utang”.

Para pengamat mengatakan proyek unggulan BIS di China, yang diumumkan pada 2013, sebenarnya merupakan upaya untuk memperluas pengaruh Beijing di seluruh dunia melalui cara yang adil dan curang.

Proyek tersebut telah berkembang menjadi proyek kebijakan luar negeri yang telah menjadi ciri khas dari Pemimpin Tertinggi Tiongkok Xi Jinping.

Halaman selanjutnya…


READ  Israel takut perang dengan Iran jika Biden menang
Written By
More from Kaheela Miah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *