Dewan Keamanan PBB menolak untuk bertindak atas pembunuhan Fakhrizadeh

Memuat…

NEW YORK – Hanya beberapa jam setelah pembunuhan seorang ahli nuklir Iran Mohsen Fakhrizadeh, Teheran mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengutuk pembunuhan tersebut dan mengambil tindakan terhadap para pelakunya.

Tetapi para diplomat mengatakan dorongan Iran tampaknya tidak sensitif.

Setidaknya 15 negara anggota Dewan Keamanan PBB dapat membahas pembunuhan Fakhrizadeh secara tertutup jika seorang anggota meminta pertemuan tersebut. Mereka juga dapat membuat pernyataan konsensus tentang masalah tersebut.

Namun Duta Besar Afrika Selatan untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa Jerry Matjila, yang sekarang menjadi presiden Dewan Keamanan PBB untuk Desember, mengatakan sejauh ini tidak ada anggota yang meminta untuk membahas pembunuhan tersebut. atau Iran secara umum. (Baca juga: Iran sebarkan foto empat tersangka pembunuhan di Fakhrizadeh)

Para diplomat juga mengatakan belum ada pembahasan tentang pernyataan itu. (Lihat infografik: Turki memiliki jembatan yang lebih tinggi dari Menara Eiffel)

Dewan Keamanan bertanggung jawab untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional dan memiliki kapasitas untuk mengizinkan tindakan militer dan menjatuhkan sanksi. (Lihat video: Warga Lumajang mengungsi akibat erupsi Gunung Semeru)

Tetapi langkah tersebut membutuhkan setidaknya sembilan suara dan tidak ada veto dari Amerika Serikat (AS), Prancis, Inggris, Rusia atau China.

READ  Arab Saudi menangkap Ulama Sheikh Abdullah Basfar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *