Donald Trump | Kongres AS Mengesahkan RUU Pertahanan yang Dimveto Donald Trump | Kongres AS meloloskan tagihan pertahanan $ 740 miliar, itu ditangkap oleh Presiden

Bosan dengan iklan? Instal aplikasi Dainik Bhaskar untuk berita bebas iklan

Washington5 jam yang lalu

Trump telah memveto total 8 RUU selama masa jabatannya. Dia juga berhasil setiap saat. Namun, hak vetonya pada RUU ini tidak dapat bekerja. (Mengajukan)

Masa jabatan Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat berakhir pada 20 Januari. Beberapa saat sebelumnya, salah satu langkahnya telah membuatnya malu. Faktanya, Kongres Amerika Serikat menyetujui RUU pertahanan $ 740,5 miliar yang dilarang oleh Trump, yang diveto. Joe Biden dikabarkan menghela nafas lega setelah RUU itu disahkan. Alasannya, dia akan menjabat sebagai presiden pada 20 Januari dan harus mengeluarkan anggaran pertahanan satu tahun dari Kongres.

Mayoritas partai Trump tidak berhasil
Partai Republik Trump saat ini memegang mayoritas di Dewan Perwakilan Rakyat. Trump memberlakukan veto berdasarkan matematika ini. Namun, pemungutan suara adalah 322 untuk dan 87 hanya untuk. Ini berarti hanya beberapa anggota parlemen dari partai Trump yang tidak bersamanya. Namun, Presiden sendiri sadar tak mudah menghentikan RUU ini. Oleh karena itu, dia mengatakan kepada Kongres bahwa tagihan harus $ 2 triliun, bukan $ 740 miliar. Namun, trik ini gagal.

Matematika berubah dalam delapan hari
Trump memveto RUU itu pada 23 Desember. Pemungutan suara berlangsung pada 31 Desember dan hasilnya juga diumumkan larut malam. Keunikannya adalah bahwa Kongres mengadopsinya jauh lebih awal tetapi, meskipun demikian, Trump bersikukuh. Pemimpin Republik dan Senator Mitch MacDonnell berkata, “Ini sangat melegakan bagi kami. Kita perlu menjaga pasukan keamanan kita dan keluarga mereka. Sesi khusus Kongres dipanggil untuk mengesahkan RUU tersebut.

Terompet
Setelah RUU itu disahkan, Trump menulis di media sosial – ini adalah hadiah untuk Rusia dan China. Mereka ingin kami terdampar di Afghanistan dan Korea Selatan.
Ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam kasus ini. Trump telah memveto tagihan tersebut sebanyak 8 kali selama masa jabatannya. Dia juga berhasil setiap saat. Namun, hak vetonya pada RUU ini tidak dapat bekerja.

READ  5 negara yang telah melarang dan akan melarang penerbangan dari Inggris karena varian baru Corona

Written By
More from Kaheela Miah

Langsung di media sosial, 3 remaja menculik, memborgol dan menyiksa seorang pria

MADRID, KOMPAS.com – Tiga remaja ditangkap karena menculik, memborgol dan menyiksa seorang...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *