Fitur pesan sementara WhatsApp bisa dicoba di Indonesia

KOMPAS.com – Apalagi karakteristik untuk menghemat ruang penyimpanan, ada apa Fitur baru lainnya juga telah diperkenalkan untuk pengguna Indonesia. karakteristik pesan sementara atau pesan menghilang Pengguna WhatsApp di Indonesia bisa mencobanya sekarang.

Dengan fungsi ini, pesan WhatsApp yang dikirim dan diterima dapat dihapus sendiri setelah tujuh hari sejak pesan dikirim.

Berdasarkan pengawasan KompasTeknoSejumlah pengguna WhatsApp Android di Indonesia memiliki fitur ini. Dengan mengaktifkan fitur pesan sementara, pengguna tidak perlu menyimpan pesan yang sudah lama dianggap tidak penting.

“Kami ingin percakapan di WhatsApp lebih terasa seperti percakapan pribadi, yang berarti percakapan tidak harus disimpan selamanya,” tulis WhatsApp dalam pernyataan resmi. KompasTekno.

Baca juga: Fitur WhatsApp Rilis Pesan Sementara, otomatis menghilang selama 7 hari

Bagaimana cara mengaktifkan

Fungsi pesan sementara dapat digunakan untuk percakapan tatap muka (antar individu) atau untuk Grup WhatsApp. Namun, hanya administrator yang dapat mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi ini untuk Grup WhatsApp.

Untuk mengaktifkannya, buka kontak orang lain dan buka informasi pribadi kontak tersebut.

Gulir ke bawah hingga Anda menemukan fitur Pesan Sementara, yang ditandai dengan ikon seperti jam. Tepatnya, fungsi ini terletak di antara fungsi enkripsi dan pesan yang diberi tag.

Setelah mengetuk fitur “Pesan Sementara”, pilih opsi “Aktif”. Deskripsi fungsional akan muncul di atasnya, menyatakan bahwa “Pesan akan hilang dari obrolan setelah 7 hari”.
Artinya, pesan yang dikirim dan diterima hilang selamanya setelah seminggu.

Deskripsi ditampilkan di ruang obrolan bahwa fungsi tersebut telah diaktifkan. Deskripsi yang sama juga akan muncul di ruang obrolan penerima pesan.

Baca juga: WhatsApp meluncurkan fungsi penyimpanan memori ponsel di Indonesia

READ  Biarkan konsumen menunda pembelian, pajak mobil baru diharapkan nol persen sisi semua
Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Jika olahpesan untuk sementara diaktifkan, sebuah pesan akan muncul yang menyatakan bahwa pesan tersebut akan hilang dari obrolan setelah tujuh hari. Deskripsi yang sama juga akan muncul di ruang obrolan penerima pesan sementara.

Pengguna dapat mengubah pengaturan ini kapan saja. Jika Anda tidak yakin apakah pesan tersebut masih diperlukan atau tidak, tetapi itu sudah menjadi pesan sementara, menggunakan alternatif untuk mengambil tangkapan layar tidak ada salahnya (Tangkapan Layar) agar percakapan tetap bisa disimpan.

Lalu bagaimana dengan media seperti foto dan video yang terdapat dalam pesan sementara?
Secara default, pesan media secara otomatis diunduh dan disimpan di ponsel Anda.

Fitur pesan sementara di WhatsApp yang secara otomatis menyembunyikan pesan setelah tujuh hari menerima atau mengirimnya.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Fitur pesan sementara di WhatsApp yang secara otomatis menyembunyikan pesan setelah tujuh hari diterima atau dikirim.

Namun, konten pesan masih hilang di ruang obrolan. Jika fitur unduh otomatis dinonaktifkan, Anda dapat mengunduhnya terlebih dahulu secara manual dan menyimpannya ke perangkat Anda.

Bagi pengguna WhatsApp Android yang belum menemukan fitur ini, Anda bisa mengecek pembaruan aplikasi di Play Store. Jika Anda telah membuat pembaruan tetapi belum melihatnya, Anda mungkin menerimanya dalam waktu dekat.

Baca juga: WhatsApp saat ini 2 miliar pengguna 100 miliar pesan per hari


Written By
More from Said Rafiq

Soalnya, ini adalah 7 kelompok yang mendapat penurunan tarif listrik dari pemerintah

KOMPAS.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) diturunkan Tarif listrik...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *