Gempa bumi berkekuatan 5,8 guncang Indonesia – 5,8 gempa bumi di Indonesia, tidak ada resiko peringatan tsunami

Highlight

  • Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia, belum ada kerusakan yang dilaporkan.
  • Sebelumnya, gempa (gempa bumi) berkekuatan 6,8 skala richter terjadi di utara provinsi Maluku sekitar tanggal 4 Juni.

Jakarta Gempa gempa bumi melanda Indonesia pada hari Selasa. Skala Richter harus 5,8. Menurut laporan media, itu datang pada pukul 23:56 waktu India. Pusatnya berada di 126 km barat daya dari sub-pusat di Kabupaten Buru dan 10 km di permukaan laut dangkal. Seorang pejabat Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengatakan tidak ada alarm tsunami yang dikeluarkan setelah gempa bumi.

Badan tersebut mengatakan ada gempa berkekuatan 6,8 di provinsi Maluku utara sebelumnya sekitar 4 Juni. Akibatnya lebih dari 100 rumah rusak. Gempa bumi sering terjadi di Indonesia. Wilayah ini merupakan wilayah yang terkena gempa. Ini disebut “Cincin Api Pasifik”.

Pada September tahun lalu, lebih dari 2.200 orang tewas dalam gempa bumi berkekuatan 7,5 di Palau di pulau Sulawesi dan tsunami yang menyusul. Pada saat yang sama, lebih dari seribu orang dinyatakan hilang. Pada tanggal 26 Desember 2004, Provinsi Ache dilanda gempa bumi berkekuatan 9,1 skala Richter yang diikuti oleh tsunami. Lebih dari 170 orang meninggal di Indonesia. Indonesia memiliki jumlah gempa terbesar di dunia dalam satu tahun.

Apa itu cincin api?

Sebenarnya wilayah Indonesia masuk dalam “Cincin Api”. Itu terletak di tepi Samudra Pasifik dan merupakan daratan paling berbahaya di dunia. Indonesia terletak di zona gempa aktif. Inilah alasan mengapa ada begitu banyak gempa bumi di sini. Indonesia merupakan bagian dari “Cincin Api” di Pasifik. The “Ring of Fire” adalah cekungan di Samudera Pasifik. Dimana banyak gunung berapi meletus lagi dan lagi. Karena itu, ada guncangan gempa kuat di sini. Akibat gempa tersebut, terdapat resiko tsunami di laut. Cincin api ini membentang di area seluas sekitar 40.000 km. Ini memiliki 75% gunung berapi aktif di seluruh dunia.






menampilkan lebih banyak











READ  Ngeri, 7 Deskripsi ilmiah keadaan bumi saat matahari mati
Written By
More from Said Rafiq

Waspadai kerusakan paru-paru bagi yang masih suka memasak dengan kayu bakar

Shutterstock Presentasi hasil pemeriksaan paru-paru. IDEAOnlineKayu sebagai bahan bakar atau biomassa memasak...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *