Gempa di Fukushima, Jepang, 7,1 Skala Richter

Menurut sistem peringatan tsunami AS, tidak ada risiko tsunami dari gempa bumi Sabtu di Sendai, provinsi Fukushima. Namun, gempa bumi semacam itu dapat memicu tsunami.

(Foto simbolis)

Gempa dahsyat dirasakan di provinsi Fukushima Jepang. Gempa tersebut tercatat berkekuatan 7,1 pada skala reaktor. Gempa ini terjadi pada kedalaman 60 kilometer. Badan Meteorologi Jepang telah mengumumkan hal ini. Menurut waktu setempat, gempa ini terjadi pada hari Sabtu pukul 11:08 WIB.

Belum ada peringatan tsunami yang dikeluarkan saat ini. Menurut Japan Times, sebagai tindakan pencegahan, orang di dekat pantai telah disarankan untuk pergi ke tempat yang lebih tinggi. Gempa ini melanda hampir di lokasi yang sama dengan gempa dahsyat Tohoku pada 11 Maret 2011, sehingga dapat dilihat sebagai “gempa susulan akhir”.

Sedikit perubahan pada permukaan laut

Menurut sistem peringatan tsunami AS, tidak ada risiko tsunami akibat gempa bumi Sabtu di Sendai, provinsi Fukushima. Namun, gempa bumi semacam itu dapat memicu tsunami. Badan Meteorologi Jepang mengumumkan bahwa permukaan laut sedikit berubah, tetapi diperkirakan tidak terjadi tsunami.

Kami beri tahu Anda bahwa gempa bumi Tohoku tahun 2011 adalah salah satu peristiwa paling dahsyat dalam sejarah. Pada 11 Maret pukul 14:46 waktu setempat, terjadi gempa 9,0. Gempa ini berlangsung selama 6 menit. Setelah gempa bumi, tsunami menyebabkan kerusakan yang sangat parah. Gelombang setinggi beberapa meter telah pecah di Samudra Pasifik, menghancurkan semua yang menghalangi jalan mereka.

Penghancuran gempa bumi Tohoku

Menurut berita, gelombang laut naik 133 kaki. Mereka menghancurkan area hingga 10 kilometer. Bencana ini dapat dilihat dari fakta bahwa bencana ini menghancurkan seluruh wilayah Sendai. Gempa tersebut sangat parah sehingga Honshu, pulau terbesar di Jepang, terpeleset sekitar tiga meter dari tempatnya.

READ  Inilah rahasia lebah dalam mengawetkan makanannya, seperti halnya menggunakan lemari es

Gempa bumi mengguncang bumi sekitar 4 hingga 10 inci di sekitar porosnya. Tak hanya itu, kecepatan rotasi bumi juga ikut terpengaruh, yakni bertambahnya 1,8 mikrodetik. Jepang sering kali mengalami gempa bumi berbahaya yang berisiko menimbulkan tsunami.

Jumat sebelumnya ada gempa berkekuatan 7,5 di Afghanistan. Selain Afghanistan, gempa bumi juga dirasakan di Pakistan, Indonesia dan India. Negara Tajikistan di Asia Tengah telah digambarkan sebagai episentrum gempa bumi.

Baca juga: Gempa 4,7 SR di Armenia, Pusatnya 13 Km dari Ibukota

Written By
More from Said Rafiq

Penghargaan Nobel Ekonomi 2020 kepada Paul Milgrom dan Robert Wilson untuk perbaikan dalam teori lelang

New Delhi: Tahun itu Paul R. Milagro dan Robert B. Wilson dianugerahi...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *