Gempa kuat di Indonesia, magnitudo 6,0 terukur

Gempa kuat di Indonesia, magnitudo 6,0 terukur

Gambar konseptual.

Gempa kuat dirasakan di kota Malang di pulau Jawa Indonesia pada hari Sabtu.

Malang. Gempa hebat dirasakan di Jawa, pulau utama Indonesia, tetapi tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan. Juga tidak ada pemberitahuan langsung tentang kerusakan atau kerugian besar dalam gempa ini. Survei Geologi AS melaporkan bahwa episentrum gempa berada di kedalaman 82 km, 44,8 km selatan kota Sumberpukung, di Kabupaten Malang, provinsi Jawa Timur. Gempa tersebut memiliki kekuatan 6,0 skala Richter.

Rahmat Triono, Direktur Pusat Gempa dan Tsunami Indonesia, dalam keterangannya mengatakan bahwa episentrum gempa berada di lautan, namun guncangan gempa tersebut tidak berpotensi memicu tsunami. Dia mengimbau masyarakat untuk menjauh dari lereng bumi atau bebatuan yang berisiko longsor. Di beberapa bagian provinsi, orang merasakan getaran sedang selama beberapa detik. Badan Penanggulangan Bencana merilis foto-foto atap rumah sakit yang rusak di kawasan tetangga Malang yang lebih ringan, sementara atap beberapa rumah dilaporkan rusak.

Baca juga ini: Gempa kuat di Indonesia, magnitudo 6,0 terukur

Indonesia sering dilanda gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami. Januari lalu, gempa berkekuatan 6,2 skala Richter melanda kabupaten Mamuzu dan Majini di provinsi Sulawesi Barat, menewaskan sedikitnya 105 orang dan melukai sekitar 6.500 lainnya. Pada saat yang sama, lebih dari 92.000 orang mengungsi.




READ  Millen Cyrus dan JR diyakini bersama saat mereka disergap oleh polisi

We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

polressidrap.com