Gerhana matahari total akan terjadi pada 14 Desember

Jakarta, CNN Indonesia –

Gerhana matahari Totalnya akan berlangsung pada Senin (14/12) dan akan terlihat di wilayah tersebut Amerika Selatan dan Afrika.

Gerhana diperkirakan berlangsung sekitar 2 menit 10 detik.

Jika cuaca cerah, masyarakat di ujung selatan Amerika Selatan, sebagian Chili, dan Argentina bisa menyaksikan gerhana matahari total.




Selain itu, gerhana juga akan terlihat sebagian di bagian barat daya Afrika.

Dilaporkan CNETPada Sabtu (12/12), perahu atau kapal yang ditempatkan dengan baik di beberapa bagian Samudra Pasifik dan Atlantik juga berkesempatan untuk melihat fenomena alam tersebut.

Namun antusias masyarakat menyaksikan gerhana pasti tertahan oleh pandemi virus corona.

Ketika beberapa negara di seluruh dunia mulai melonggarkan pembatasan pada Covid-19, negara-negara seperti Chili melakukan penguncian baru untuk menghilangkan lonjakan kasus Covid-19 baru.

Sementara itu, Argentina mulai melonggarkan aturan larangan bepergiannya, meski perbatasan negaranya masih tertutup bagi wisatawan dari negara non-tetangga.

“Saya pernah ke setiap benua untuk melihat gerhana matahari, bahkan di Antartika,” kata Fred Espenak, pensiunan astrofisikawan dan pemburu gerhana Badan Antariksa AS (NASA). space.com.

Menurut Space, Espenak alias “Mr. Eclipse” menjalankan model prediksi gerhana saat bekerja di NASA, dan dia saat ini mengelola situs tersebut. EclipseWise.com dan MrEclipse.com.

Dia mengatakan telah melakukan perjalanan untuk melihat lebih dari 40 gerhana matahari, termasuk gerhana total, parsial dan cincin.

“Saya mendapat banyak teman melalui gerhana dan bertemu istri saya dalam perjalanan (mengejar) gerhana,” katanya.

Espenak dan istrinya bertemu saat melakukan tur gerhana matahari di India utara pada tahun 1995. Sejak itu, mereka melakukan perjalanan bersama untuk melihat banyak gerhana.

Ia dan istrinya pun sempat berencana melakukan perjalanan ke Cile untuk memanfaatkan gerhana hari Senin (14/12). Tetapi dia memutuskan untuk membatalkan perjalanannya ketika dia mengetahui bahwa vaksin Covid-19 tidak akan tersedia pada bulan Desember. Rencana itu secara resmi dibatalkan minggu ini ketika Chili mengumumkan pembatasan baru pada Covid-19 di tengah lonjakan kasus baru-baru ini.

READ  Nepal: Tuduhan PM KP Sharma Oli - Beberapa pemimpin NCP mencoba membentuk pemerintahan paralel - PM KP Sharma Oli menuduh pemimpin Partai Komunis mencoba membentuk pemerintahan paralel di Nepal

Alih-alih bepergian, Espenak akan bergabung dengan pemburu gerhana lainnya dalam video call untuk menyaksikan fenomena tersebut bersama-sama dan bercermin.

(tahun / ayp)

[Gambas:Video CNN]


Written By
More from Kaheela Miah

AS memberi Indonesia miliaran dolar jika normalisasi dengan Israel

Memuat… JERUSALEM – Indonesia dapat membuka miliaran dolar AS atau setara dengan...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *