Gunung berapi di Indonesia meletus dan memaksa warga mengungsi

Jakarta, IANS / Reuters. Tahun ini sangat buruk dalam hal bencana alam. Baik itu kebakaran hutan atau badai … alam telah melanda banyak negara. Sekarang Indonesia sudah menjadi sasaran kemarahan alam. Gunung berapi Ely Levetalo di provinsi Nusa Tenggara timur Indonesia meletus pada hari Minggu dan menyebabkan kerusakan lingkungan yang parah. Kantor berita IANS mengatakan dalam laporannya bahwa letusan gunung berapi berupa asap dan abu bisa terlihat hingga empat ribu meter di langit.

Mengutip Badan Penanggulangan Bencana Volkologi dan Geologi, Xinhua mengatakan bahwa peringatan tingkat tinggi diberikan ke daerah tersebut setelah gunung tersebut meletus. Setelah ledakan, abu dan asap membanjiri langit dari timur ke barat. Gunung berapi yang berada 1.018 meter di atas permukaan laut itu diminta menghindari aktivitas dalam radius dua kilometer.

Gunung berapi tersebut meletus sekitar pukul 10:45 pada hari Minggu dengan ukuran 35 mm. Menurut kantor berita Reuters, masyarakat sekitar telah diperintahkan untuk mengungsi dari daerah tersebut. Badan Perlindungan Sipil Indonesia mengumumkan bahwa 2.780 orang dari 26 desa terpaksa meninggalkan rumah mereka akibat ledakan tersebut. Namun, tidak ada informasi tentang kerugian dalam kejadian ini. Peringatan telah dikeluarkan untuk menutup bandara lokal, menurut kantor berita AFP.

Menurut laporan tersebut, Indonesia saat ini memiliki sekitar 130 gunung berapi aktif, terbesar di dunia. Lava dan gas beracun berasal dari gunung berapi ini. Baru-baru ini, Tal Talwamukhi di Filipina diledakkan, memindahkan 16.700 orang ke tempat yang lebih aman. Ledakan itu sangat mengerikan sehingga abunya mencapai ibu kota Manila, 70 kilometer jauhnya. Sebuah peringatan dilaporkan di Filipina setelah ledakan dan ratusan maskapai penerbangan melanda.

READ  Bartomeu ingin mundur selama Lionel Messi berbicara secara terbuka tentang alasan jujurnya meninggalkan Barcelona

Ketahui semua berita penting dan dapatkan e-paper singkat, berita audio dan layanan lainnya. Unduh aplikasi Jagran

anggaran2021
Written By
More from Ubayd Saleh

Covid-19 kasus di AS jauh lebih banyak dari yang dilaporkan

Jumlah US Covid-19 kasus dikatakan 10 kali lebih tinggi dari kasus yang...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *