Gunung Merapi di pulau Jawa menyemburkan awan abu

Gunung Merapi di pulau Jawa menyemburkan awan abu

Jakarta, Reuters. Gunung Merapi di pulau Jawa Indonesia meledak pada hari Rabu. Para pejabat mengatakan peringatan telah dikeluarkan terkait bahaya abu, lahar, dan asap di langit. Gunung Merapi setinggi 2.963 meter merupakan salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia. Peringatan telah dikeluarkan.

Kasbani, Kepala Pusat Penanggulangan Krisis Vulkanik dan Geologi Indonesia, mengatakan Merapi telah mengalami emisi intens setidaknya 30 kali sejak Rabu pagi. Peringatan telah dikeluarkan di daerah sekitarnya. Gambar yang dibagikan di media sosial dengan jelas menunjukkan bahwa abu gunung berapi telah menutupi rumah penduduk setempat. Namun, tidak ada kerugian yang diketahui hingga saat ini.

Badan penanggulangan bencana setempat melaporkan bahwa beberapa warga telah meninggalkan rumah mereka. Indonesia memiliki jumlah gunung berapi terbesar di negara manapun dan terletak di “Cincin Api”. Pada tahun 2010 terjadi ledakan dahsyat di Merapi Jwalamukhi yang menewaskan lebih dari 350 orang. Baru-baru ini, sekitar 2.800 orang telah dievakuasi ke lokasi yang lebih aman setelah gunung berapi meletus di kawasan timur Indonesia.

Setelah ledakan, abu beterbangan di langit hingga ketinggian 4.000 meter. Indonesia saat ini memiliki sekitar 130 gunung berapi aktif, sebagian besar di dunia. Baru-baru ini, Tal Talwamukhi di Filipina diledakkan, memindahkan 16.700 orang ke tempat yang lebih aman. Ledakan itu sangat mengerikan sehingga abunya mencapai ibu kota Manila, 70 kilometer jauhnya. Sebuah peringatan dilaporkan di Filipina setelah ledakan dan ratusan maskapai penerbangan melanda.

READ  Timnas U-19 melawan Makedonia Utara berakhir imbang 0-0

We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

polressidrap.com