Harga emas sedang turun, investor harus menunggu dan melihat

ILUSTRASI. Seorang karyawan menunjukkan koin emas di kantor Makassar Pegadaian di Sulawesi Selatan pada Kamis (15 Oktober 2020). ANTARA FOTO / Abriawan Abhe / hp.

Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. pilihan kita lihat saja Menanggapi penurunan harga emas logam mulia saat ini, ini dipandang sebagai pilihan yang paling tepat mengingat tingkat ketidakpastian yang tinggi. Selain itu, Direktur Utama HFX International Sutopo Widodo menilai masih banyak perasaan yang akan menjadi perhatian ke depan.

Harga emas Aneka Tambang (Antam) pada Jumat (30/10) berada di level Rp 992.000 per gram, turun Rp 3.000 per gram dibanding hari sebelumnya. Adapun harganya membeli kembali adalah Rp 884.000 per gram.

Sutopo menyarankan investor untuk melakukannya kita lihat saja terlebih dahulu sebelum membeli atau menjual emas. Hal itu dilakukan sambil menunggu kepastian pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) yang akan berlangsung pekan depan.

Baca juga: Nasib logam mulia itu akan bergantung pada hasil pemilihan presiden AS pekan depan

“Kemungkinan harga emas fisik Antam akan berada di kisaran Rp 975.000 per gram hingga Rp 1.000.000 per gram pada akhir Pemilu AS,” kata Sutopo Kontan, Jumat (30/10).

Penurunan harga emas dunia saat ini dipicu oleh penguatan dolar AS. Diketahui bahwa pergerakan harga emas berbanding terbalik dengan dolar AS. Artinya, ketika dolar AS menguat terhadap mata uang lainnya, maka harga emas akan tertekan karena menjadi lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Pada saat yang sama, investor yang memegang emas dan membelinya ketika harganya lebih rendah dapat memanfaatkan kenaikan dolar AS untuk mendapatkan keuntungan atau Pengambilan untung.

READ  Omnibus Act bisa menjadi angin segar bagi penerbit real estat

Baca juga: Harga emas siang ini di Pegadaian, Jumat 30 Oktober 2020

Di sisi lain, maraknya infeksi Covid-19 di Amerika Utara dan di benua Eropa menyebabkan pasar keuangan anjlok. Saham jatuh karena sentimen negatif naik.

DONASI, dapatkan voucher gratis!

Dukungan Anda meningkatkan antusiasme kami untuk menyajikan artikel berkualitas tinggi dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan rasa terima kasih atas perhatian Anda, ada voucher gratis senilai donasi yang dapat Anda beli TOKO SELAMAT.


Written By
More from Said Rafiq

4 astronot AS dan Jepang tiba di stasiun luar angkasa dan memulai misi 6 bulan

WASHINGTON, iNews.id – Pesawat luar angkasa perusahaan AS SpaceX pengiriman sukses empat...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *