Hari Diabetes Sedunia, periksa darah Anda dengan cermat jika Anda menderita diabetes

TEMPO.CO, Jakarta – – Hari Diabetes Sedunia Memperingati 14 November 2020. Memeriksa gula darah bisa jadi cara seseorang mengetahui hal tersebut penyakit diabetes dan ini terutama dianjurkan bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga yang menderita penyakit tersebut.

Soegondo, anggota dewan untuk Wilayah Pasifik Barat dari Federasi Diabetes Internasional (IDF) di Pasifik Barat, mengatakan orang harus segera memeriksa kadar gula darahnya jika mereka memiliki faktor keluarga. “Segera periksa gula darahnya,” kata jurnalis Sid pada Diabetasol Virtual Media Briefing – World Diabetes Day 2020, Selasa 2 November 2020.

Selain riwayat keluarga, risiko seseorang terpengaruh diabetes Tipe 1 dapat membaik jika mereka menderita penyakit pankreas dan beberapa infeksi. Sekarang ada juga faktor gaya hidup untuk tipe 2 yang menyebabkan obesitas, kemalasan (kurang dari tiga kali seminggu) dan resistensi insulin.

Presiden Asosiasi Diabetes Indonesia Sony Wibisono mengatakan, pemeriksaan glukosa darah bisa dilakukan setahun sekali (misalnya saat dia berusia 40 tahun) dan pemeriksaan kesehatan lengkap yang mencakup kolesterol dan trigliserida.

“Kalau semua masih normal jangan diperiksa tiap tahun, mungkin 2-3 tahun. Tapi kalau ada faktor risiko sedang atau berat, bukan setahun bisa dijaga lebih akurat, misalkan 6 bulan atau 3 bulan,” kata Sony. .

Selain itu, ciri orang yang juga perlu memeriksakan gula darahnya lebih sering adalah wanita yang pernah melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4 kilogram. Secara umum, ada dua jenis tes gula darah yang menggunakan monitor sidik jari atau monitor glukosa kontinu, seperti glukometer untuk mengukur gula darah dan tes HbA1c yang dilakukan oleh dokter untuk mengukur rata-rata kadar gula darah seseorang. jelaskan dalam tiga bulan terakhir.

READ  Daftar promosi harga Xiaomi Mobile untuk semua kelas, Redmi 8A Pro hingga Pocophone F2 Pro

Saat menggunakan glukometer, Perhimpunan Ahli Endokrinologi Indonesia (PERKENI) merekomendasikan pemilihan tepi ujung jari (bagian samping ujung jari), terutama pada jari ke-3, ke-4 dan ke-5, karena hal ini mengurangi rasa sakit. Jika tidak memungkinkan, pemeriksaan bisa dilakukan di area telapak pangkal ibu jari.

Dalam kondisi tertentu, seperti B. Untuk luka pada kedua tangan, pemeriksaan dapat dilakukan pada lengan bawah, paha dan telapak tangan. Namun, hasilnya tidak seakurat akibat tusukan ujung jari.

Sedangkan untuk tes HbA1c bagi orang yang tidak mengidap diabetes namun berada dalam kategori risiko, dokter dapat meminta tes tersebut pada saat pemeriksaan kesehatan tahunan. Hasil tes biasanya diberikan dalam bentuk persentase. Semakin tinggi persentasenya, semakin tinggi kadar gula darah dalam tiga bulan terakhir.

Bagi penderita diabetes, pemeriksaan glukosa darah dengan alat swa-monitor dapat dilakukan setiap hari atau sesuai anjuran dokter untuk semakin mendekati sasaran glukosa darah yang ideal. Tes HbA1c kemudian dilakukan setidaknya dua kali setahun dan terkadang setiap tiga bulan.

Target gula darah tanpa diabetes adalah 70-99 mg / dl saat puasa, kemudian kurang dari 140 mg / dl 1-2 jam setelah makan dan kurang dari 5,7 persen untuk tes HbA1c.

Kemudian target gula darah untuk penderita diabetes harus 80-130 mg / dl saat puasa, kurang dari 180 mg / dl 1-2 jam setelah makan dan tes HbA1c kurang dari 7 persen.

Secara umum, kadar gula darah normal mungkin terlihat berbeda untuk setiap orang berdasarkan usia, berat badan, jenis kelamin, dan faktor lainnya.

Jurnalis Sid menambahkan, pemeriksaan glukosa darah lebih cepat, terutama jika keluarga Anda menderita diabetes, jauh lebih baik untuk membantu mencegah komplikasi seperti serangan jantung, stroke, gagal ginjal, dan infeksi kaki yang parah.

READ  Yahoo meluncurkan smartphone pertamanya dengan harga sehari mulai dari 700.000 rupee

Written By
More from Ubayd Saleh

Perbedaan spesifikasi dan fitur Samsung Galaxy Tab S7 dan S7 Plus

KOMPAS.com – Sehubungan dengan peluncuran seri Galaxy Note 20 minggu lalu, Samsung...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *