Heboh, Jack Ma hilang kemana harus pergi, ini update terbaru!

Jakarta, CNBC Indonesia – Setelah hubungan yang memanas dengan pendiri Alibaba Group Jack Ma dan pemerintahan Presiden China Xi Jinping, Ma ditelan dan jarang terlihat di depan umum. Namun baru-baru ini Ma terlihat bermain golf di depan umum setelah lama absen.

Seperti yang tertulis Bloomberg Pada Rabu (2 Oktober 2021), Ma terlihat bermain golf di Sun Valley Golf Resort, sebuah kompleks golf di ujung selatan Pulau Hainan, Cina, mengutip orang-orang yang tidak mau disebutkan namanya.


Pria itu, dengan kekayaan bersih $ 61,4 miliar, membuat comeback pertamanya di Jack Ma Country Teacher Award pada 20 Januari melalui video meeting dengan 100 guru pedesaan dari seluruh negeri.

Media lokal Berita TianmuPortal berita, yang didukung oleh pemerintah China, adalah yang pertama melaporkan ini.

Hilangnya Ma dari publik seperti yang tertulis BloombergIni bisa menjadi tipuan karena Alibaba dan perusahaan pembayaran digitalnya, Ant Group, mengatasi masalah mereka dengan regulator China.

Ketidaksukaan Xi terhadap Ma berasal dari kritik terbuka Ma terhadap regulator sistem keuangan dan bank negara selama diskusi publik di Shanghai pada Oktober 2020.

Sebelumnya, salah satu orang terkaya China menyerukan reformasi sistem keuangan yang “menghambat inovasi bisnis” dan menyamakan peraturan perbankan China saat ini dengan “klub induk”. Ma juga mengatakan Bank of China beroperasi dengan mentalitas “pegadaian”.

Tentu saja, pidato itu membuat marah pemerintah China. Kritiknya dipandang sebagai serangan terhadap otoritas Partai Komunis. Konsekuensinya menghancurkan bisnis fintech Alibaba, Ant Group.

Pengakhiran IPO senilai $ 37 miliar untuk Ant Group, atau setara dengan Rs 518 triliun, adalah keputusan pribadi Xi atas komentar Ma. Informasi ini diungkap oleh seorang pejabat Tiongkok yang identitasnya dirahasiakan dari Wall Street Journal pada November 2020.

READ  Bank BTN menciptakan KPR Patriot khusus untuk anggota TNI

Menurut laporan tersebut, Xi telah memerintahkan regulator China untuk melakukan penyelidikan dan secara efektif menangguhkan penawaran saham Ant Group. Pada saat yang sama, pemerintah Alibaba sedang menyelidiki dugaan monopoli tersebut.

Pemerintah China menangguhkan IPO Grup Ant dua hari sebelum sahamnya pertama kali dicatatkan di Bursa Efek Hong Kong dan Shanghai. Keputusan itu datang beberapa hari setelah Jack Ma mengkritik bank negara dan pengawas sektor keuangan.

Xi juga belum secara resmi menambahkan nama Ma ke daftar pengusaha China. Ini adalah bukti terbaru ketidaksukaan Xi terhadap Ma. Kejadian ini juga bisa diartikan sebagai penghinaan terhadap pengusaha.

Nama Ma tidak ada dalam daftar dalam artikel yang diterbitkan oleh Shanghai Securities News pada awal Januari. Sebaliknya, Ren Zhengfei dari Huawei Technologies, Lei Jun dari Xiaomi Corp, dan Wang Chuanfu dari BYD, pembuat kendaraan listrik, diakui atas kontribusinya terhadap China.

[Gambas:Video CNBC]

(Bos / bos)


Written By
More from Said Rafiq

Ilmuwan menemukan banyak planet layak huni di luar angkasa. Apakah ada yang mau menggantikan bumi?

Liputan6.com, Jakarta – Setidaknya ada dua lusin planet di luar tata surya...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *