House panel memungkinkan Lorenzana menerima medali bergengsi dari Indonesia

House panel memungkinkan Lorenzana menerima medali bergengsi dari Indonesia

Menteri Pertahanan Delfin Lorenzana (kiri) (foto file oleh FRANCES MANGOSING / INQUIRER.net)

MANILA, Filipina – Komite DPR telah memberikan izin kepada Menteri Pertahanan Delfin Lorenzana untuk menerima medali bergengsi dari Indonesia.

Presiden Indonesia Joko Widodo akan menganugerahkan Medali Perdamaian kepada Lorenzana atas “upayanya yang gigih untuk memajukan hubungan Filipina-Indonesia,” kata Zamboanga Sibugay 2nd District Rep. Ann Hofer, yang juga mengepalai Komite Urusan Luar Negeri DPR, dalam Rapat online pada hari Rabu.

Lorenzana, orang Filipina pertama yang menerima penghargaan tersebut, dipuji oleh pemerintah Indonesia atas perannya dalam menyelamatkan delapan nelayan Indonesia yang diculik oleh kelompok Abu Sayyaf di dekat Mindanao pada tahun 2019.

Namun, kepala pertahanan Filipina memerlukan persetujuan Kongres untuk menerima penghargaan karena konstitusi menyatakan bahwa tidak ada pejabat publik yang dipilih atau ditunjuk harus menerima kompensasi tambahan, ganda atau tidak langsung, termasuk hadiah, gaji, jabatan atau gelar dalam bentuk apa pun dari pihak asing mana pun. pemerintah, kecuali Kongres mengizinkannya.

Lorenzana, seorang pensiunan jenderal Angkatan Darat dan mantan diplomat, diangkat menjadi Menteri Pertahanan oleh Presiden Rodrigo Duterte pada 2016.

Wakil Menteri Luar Negeri Neal Imperial mengatakan bahwa dengan menerima penghargaan tersebut, Filipina tidak hanya akan semakin memperkuat hubungan bilateral dengan Indonesia, yang kami anggap sebagai mitra regional yang penting dan dapat diandalkan, tetapi juga sebagai puncak kerja sama pertahanan dan keamanan kedua negara. “

Medali Perdamaian, katanya, diberikan kepada warga negara asing yang berprestasi atas prestasi luar biasa mereka, terutama dalam mengembangkan dan mempromosikan perdamaian, diplomasi, dan persaudaraan.

Imperial juga meminta DPR untuk memberikan bantuan serupa dalam resolusi terpisah kepada mantan Kepala Staf Angkatan Bersenjata Filipina Cirilito Sobejana dan tim penyelamat nelayan, yang akan menerima penghargaan yang sama dari Presiden Indonesia.

Siehe auch  Popularitas Huawei dan ponsel Apple meningkat di Cina

CERITA TERKAIT

Di Sulu. Nelayan Indonesia yang diculik oleh Abu Sayyaf diselamatkan

ATM

Berlangganan buletin negara global kami

Lanjut membaca

Jangan sampai ketinggalan berita dan informasi.

Berlangganan sesuatu PERTANYAAN LEBIH LANJUT untuk mendapatkan akses ke The Philippine Daily Inquirer dan 70+ judul lainnya, bagikan hingga 5 gadget, dengarkan berita, unduh sedini 4 pagi dan bagikan artikel di media sosial. Hubungi 896 6000

Untuk umpan balik, keluhan atau pertanyaan, Hubungi kami.

We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

polressidrap.com