Hubble menemukan eksoplanet aneh dan memperkuat bukti Planet Sembilan

JAKARTA, iNews.id – adanya Planet sembilan atau yang kesembilan di tata surya dibahas oleh para ilmuwan. Ada banyak bukti hari ini bahwa teori itu mungkin benar.

Teleskop luar angkasa Hubble baru-baru ini menemukan benda angkasa yang memegang hipotesis planet sembilan benar. Planet ekstrasurya Jupiter memiliki massa 11 kali bernama HD 106906.

Exoplanet HD106906 berada dalam orbit tak terduga di sekitar bintang biner yang berjarak 336 tahun cahaya. Ini menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana planet itu terbentuk.

“Ini menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana planet-planet ini terbentuk dan berevolusi hingga berakhir dalam konfigurasi mereka saat ini,” kata penulis utama makalah tersebut, Meiji Nguyen dari University of California di Berkeley, dikutip di situs resmi NASA, Rabu. (16 Desember 2020).

Benda langit ini mengorbit bintang kembarnya pada jarak 68 miliar mil. Sehingga dibutuhkan waktu 15.000 tahun untuk menyelesaikan orbitnya. Planet ini bergerak sangat lambat dalam orbitnya karena tarikan gravitasi yang lemah dari bintang induknya yang sangat jauh.

Editor: Dini Listiyani

READ  Kanguru memiliki awal yang sulit, 166/2 sampai tunggul
Written By
More from Said Rafiq

Saham-saham ini banyak dijajakan oleh investor asing menyusul penguatan IHSG pada Senin (7/12).

Reporter: Saya tahu Laoli | Editor: Saya tahu Laoli KONTAN.CO.ID – JAKARTA....
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *