Hubble menemukan kembaran kosmik dari planet misterius Sembilan di tata surya

  • Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA telah memberikan 14 tahun data tentang exoplanet HD 106906b.
  • Ini menunjukkan perilaku aneh 336 tahun cahaya dari Bumi di orbitnya.
  • Ilmuwan percaya bahwa data dari exoplanet dapat menjelaskan apa yang terjadi pada sembilan planet tersembunyi di tata surya kita.

Ada berapa planet di tata surya kita? Jumlahnya bervariasi antara 8 dan 9 tergantung pada apakah Anda bisa mendapatkan cukup Pluto untuk sebuah planet. Tapi ada planet misterius lain yang bisa bersembunyi di tepi tata surya – disebut “Planet Sembilan”. Yang kita tahu tentang itu adalah gangguan yang kita gunakan untuk mengevaluasi kemungkinan dampak planet terhadap lingkungannya. Sekarang, untuk pertama kalinya, para ilmuwan mengukur pergerakan eksoplanet masif di tata surya lain, yang dapat menunjukkan perilaku yang mirip dengan hipotesis Planet Sembilan.

Sebuah exoplanet HD106906 b Jaraknya 336 tahun cahaya dari Bumi. Beratnya mencapai 11 Jupiter dan mengorbit sistem bintang ganda. Ilmuwan pertama kali menemukannya pada 2013, tetapi sekarang dapat memperoleh informasi yang lebih baik tentang orbit NASA. Teleskop Luar Angkasa Hubble. Faktanya, Hubble menghabiskan 14 tahun mengumpulkan data akurat tentang exoplanet dan memberikan wawasan baru.

Sebuah exoplanet jauh dari bintang induknya, 730 kali lebih jauh dari Bumi ke Matahari. Meskipun orbit lambat berusia 15.000 tahun tidak memberikan pengamatan yang sangat solid hanya dalam empat belas tahun, kelompok Hubble menemukan bahwa orbitnya sangat, sangat miring, dan panjang, dan melampaui tempat sampah di sekitar si kembar. Hidup beberapa bintang.

Meiji Nguyen dari University of California di Berkeley, yang memimpin penelitian ini, berkomentar tentang betapa tidak biasa orbit planet ekstrasurya:

“Untuk menunjukkan mengapa ini aneh, kita dapat melihat tata surya kita sendiri dan menemukan bahwa semua planet berada di bidang yang sama.” Bersama நுயேன். ‘Akan aneh jika Jupiter dimiringkan 30 derajat ke arah bidang di mana setiap planet lain mengorbit. Ini menimbulkan berbagai macam pertanyaan tentang bagaimana HD 106906B dapat tetap berada di jalur yang licin. “”

Sebuah planet ekstrasurya aneh yang terlihat seperti “Planet Sembilan” yang telah lama ditunggu-tunggu

Bagaimana planet ini menciptakan orbit seperti itu? Para ilmuwan mengira itu mungkin terbentuk di dekat bintang induk, tetapi menarik cakram gas keluar dari sistem mungkin telah memengaruhi orbitnya. Itu mungkin telah dibawa lebih dekat ke bintang ganda dan kemudian dilemparkan ke orbit gravitasi, hampir ke ruang galaksi. Sebagai tim Hubble Lihat majalah Telah dijelaskan bahwa bintang yang lewat dapat menyesuaikan orbit planet ekstrasurya dan mencegah sistem induknya keluar sepenuhnya.

READ  Es di Alaska sedang mencair, para ilmuwan memperingatkan kemungkinan mega-tsunami

Laporan ini serupa dengan prediksi para ilmuwan untuk membawa sembilan planet ke tepi tata surya kita, yang akan melintasi Sabuk Khyber. Jupiter mungkin telah mempengaruhi orbitnya dan mengeluarkannya dari tata surya bagian dalam. Planet sembilan dapat melewati Pluto, tetapi bintang yang lewat dapat menghentikannya dengan mengubah orbitnya.

Paul Kalas dari University of California di Berkeley, anggota tim Hubble, mencatat bahwa menganalisis apa yang terjadi dengan Exoplanet HD 106906b seperti menjelajahi masa lalu kita sendiri.

“Kami memiliki mesin waktu untuk tata surya kami sendiri yang berusia 4,6 miliar tahun. Itu berarti kami dapat melihat apa yang terjadi ketika tata surya muda kami aktif secara dinamis, semuanya bertabrakan dan menata ulang dirinya sendiri.” Diperpanjang Pesta.

Gambar ini, ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble, menunjukkan kemungkinan orbit (melalui elips terpotong) dari exoplanet HD 106906b.

Dimiliki oleh: NASA, ESA, M.Sc. Nuen (Universitas California, Berkeley), r. De Rosa (Laboratorium Eropa Selatan) dan b. Kalas (Universitas California, Berkeley dan Chetty Institutes)

Tentu saja, jika semua ini tidak benar, kami telah menemukan bahwa Planet Sembilan ada. Bukti fisik mencakup perilaku aneh benda langit kecil yang melewati Neptunus, yang orbitnya tidak dapat dijelaskan oleh gravitasi tak terlihat planet.

Penelitian lebih lanjut tentang desain dan komposisi puing-puing Exoplanet HD 106906b sedang berlangsung Teleskop Luar Angkasa James WebbDiharapkan mulai Oktober 2021. Berkat sistem yang tidak biasa dan perluasan planet ekstrasurya, ia menjanjikan untuk mengungkap lebih banyak tentang planet Sembilan yang misterius.

Lihat Kertas kelompok, Dirilis Itu Majalah astronomi.

Written By
More from Said Rafiq

IHSG Turun Senin (30/11) Akibat Pemerataan, Ini Proyeksi Besok (1/12)

ILUSTRASI. Layar tersebut menunjukkan pergerakan perdagangan saham di gedung Bursa Efek Indonesia...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *