IHSG Turun Senin (30/11) Akibat Pemerataan, Ini Proyeksi Besok (1/12)

ILUSTRASI. Layar tersebut menunjukkan pergerakan perdagangan saham di gedung Bursa Efek Indonesia di Jakarta. ANTARA FOTO / Hafidz Mubarak A / wsj.

Reporter: Kenya Intan | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Pada Senin (30/11) Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup 2,95% di level 5.612.

Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi mencatat saham-saham infrastruktur, berbagai industri, dan sektor keuangan turun paling tajam hari ini. Data BEI, infrastruktur, utilitas dan sektor transportasi semuanya tertekan sebesar 5%. Setelah itu, sektor berbagai industri turun 3,94% dan sektor keuangan turun 3,31%.

“Investor akan menyelaraskan kembali portofolionya pada akhir November untuk menyambut akhir tahun yang masih diliputi oleh ketidakpastian seputar vaksinasi,” ujarnya dalam studi yang diterima Kontan.co.id, Senin, 30 November 2018. .

Untuk perdagangan Selasa (1/12), Lanjar melihat secara teknikal IHSG berpotensi melemah lebih lanjut setelah menembus support MA5 yang merupakan support kuat di November.

Baca juga: IHSG dapat terkoreksi dengan rekomendasi saham dari Binaartha Sekuritas

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa pola gelombang 3 dari siklus gelombang Elliot tampaknya telah berakhir dan sedang mencoba untuk membentuk gelombang 4, yang memiliki target FR ideal di wilayah 5.500. Indikator stochastic dead cross berada dalam area oversold, dengan indikator MACD menunjukkan divergensi negatif di area oversold.

Secara teknikal IHSG berpotensi melemah menguji support MA20 di kisaran 5.500 dengan support resistance di 5.500 hingga 5.660, tulisnya dalam studinya, Senin (30/11).

Saham-saham yang sudah diobservasi secara teknis antara lain ACES, ASII, BBCA, CPIN, ERAA dan KLBF.



Written By
More from Said Rafiq

Fenomena langit sangat langka Desember 2020 – Jupiter dan Saturnus terlihat sangat dekat dengan bumi

TRIBUNPONTIANAK.COM – – Fenomena surgawi sangat jarang terjadi akan terjadi di tata...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *