Ilmuwan menemukan 12.556 mikroba baru, metode ini: Okezone Techno

KELOMPOK Peneliti mengumumkan penemuan 12.556 spesies Mikroba baru terdiri dari bakteri dan archaea. Penemuan ini menggunakan teknik yang sangat canggih yang disebut metagenomics.

“Kami mampu merekonstruksi ribuan metagenome-composite genome (MAGs) langsung dari sampel yang diurutkan secara lingkungan tanpa perlu membudidayakan mikroba di laboratorium,” kata Stephen Nayfach, ahli genetika di DOE Joint Genome Institute di Amerika Serikat dan penulis utama studi tersebut. Peringatan sains, Rabu (11/11/2020).

Baca juga: Studi baru: Mars memiliki banyak air sebelum kehidupan di bumi

Tim peneliti memiliki akses ke database besar yang berisi lebih dari 10.000 metagenom, istilah yang mencakup semua materi genetik dari sampel lingkungan. Setiap DNA yang dapat mereka ekstrak diklon dan kemudian diurutkan menggunakan untaian kecil genom sebelum mencoba lagi untuk menyatukan potongan-potongan pendek DNA.

Anda bukan orang pertama yang menggunakan metagenomik untuk menemukan mikroba. Pada 2018, para ilmuwan menemukan 16 virus raksasa. Pada 2017, para ilmuwan menggunakan metode ini untuk menemukan 20 cabang evolusi baru di pohon kehidupan.

“Kami sedang melakukan perakitan dan pengelompokan metagenomik 10.450 metagenom yang tersebar secara global dari berbagai habitat, termasuk lingkungan laut dan perairan lainnya, lingkungan manusia dan hewan, serta lingkungan darat dan darat lainnya, untuk memulihkan 52.515 MAG,” kata Nayfach.

Saat memeriksa genom isolat, MAG dari penelitian sebelumnya, dan genom sel individu, tim peneliti menemukan bahwa 12.556 dari 50.000 MAG belum pernah diurutkan sebelumnya.

Baca juga: Peneliti menemukan kerangka kembar identik pertama

Penting untuk dicatat bahwa genom ini tidak sebaik yang diperkirakan bakteri dan archaea tumbuh di laboratorium. Diperlukan adanya proses pengelompokan yang dimungkinkan dengan mencampurkan beberapa bagian genom antara spesies bakteri dan bagian genom.

READ  "Air" Ditemukan di Mars, Apakah Potensi Manusia Menjadi Lebih Layak Huni?

Namun, untuk mempelajari hal ini lebih lanjut, diperlukan studi yang lebih detail menggunakan metode metagenomik ini.

(memiliki)

Written By
More from Said Rafiq

SUV bekas di bawah Rp 100 juta di balai lelang ada Terios, CR-V hingga Harrier

JAKARTA, KOMPAS.com – – mobil bekas Dengan banderol harga di bawah Rp...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *