Ilmuwan menemukan banyak planet layak huni di luar angkasa. Apakah ada yang mau menggantikan bumi?

Liputan6.com, Jakarta – Setidaknya ada dua lusin planet di luar tata surya kita yang mungkin menjadi tempat tinggal yang lebih baik daripada planet bumi.

Kutipan Live SciencePada Rabu (14 Oktober 2020) planet-planet ini hanya sedikit lebih tua, sedikit lebih lembab, sedikit lebih hangat dan sedikit lebih besar dari Bumi, tulis para peneliti pada 18 September di jurnal Astrobiology.

Semua faktor ini dapat berarti bahwa beberapa planet ini adalah tempat terbaik untuk mencari kehidupan di luar bumi.

“Kita perlu fokus pada planet spesifik yang menawarkan kondisi paling menjanjikan untuk kehidupan kompleks, tapi kita harus berhati-hati agar tidak terjebak dalam pencarian. bumi kedua, karena mungkin ada planet yang lebih cocok untuk kehidupan daripada kita, “kata ahli astrobiologi Universitas Washington Dirk Schulze-Makuch.

Sejauh ini, para astronom telah menemukan lebih dari 4.000 exoplanet atau planet di luar tata surya kita, meskipun sebagian besar tidak terlalu bermanfaat bagi kehidupan. Misalnya, planet KELT-9b sangat panas sehingga atmosfernya terus mencair. Planet paling gelap yang diketahui, TrES-2b, memiliki suhu atmosfer 980 derajat Celcius.

Di ujung lain spektrum musuh adalah GJ 433 d, yang penemunya menyebutnya planet mirip Neptunus terdingin yang pernah ditemukan.

Tetapi ada juga banyak planet di zona layak huni bintang mereka atau jarak “tepat” yang mendukung suhu permukaan yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin untuk kehidupan seperti yang kita jalani saat ini.

Schulze-Makuch dan rekan-rekannya ingin mengidentifikasi exoplanet yang paling “layak huni”.

READ  Para astronom menemukan 6 galaksi yang terperangkap di lubang hitam supermasif
Written By
More from Said Rafiq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *