Ilmuwan menemukan jamur yang bisa memakan lalat dan mengubahnya menjadi zombie

Ilustrasi lalat. (Suara.com/Dwi Bowo Raharjo)

Jamur bisa memakan lalat hidup dan dengan demikian menjatuhkan spora pada korban barunya

SuaraKaltim.id – Ilmuwan dari Denmark menemukan dua jenis Jamur baru yang bisa makan lalat hidup dan mengubahnya menjadi zombie.

Dua jamur yang melakukan pekerjaan mengerikan ini disebut Strongwellsea tigrinae dan Strongwellsea acerosa.

Jamur bisa memakan lalat hidup dan dengan demikian menjatuhkan spora pada korban barunya.

Kedua jamur ini menyerang spesies lalat Coenosia tigrina dan Coenosia testacea, yang terlihat seperti lalat rumah biasa tetapi berubah drastis setelah diserang oleh jamur.

Jamur memakan satu atau lebih lubang di perut lalat dan membentuk gumpalan oranye yang menyebar saat dijatuhkan dari lubang.

Lalat berubah menjadi zombie setelah terinfeksi karena tetap hidup selama berhari-hari selama proses ini. Dengan kata lain, lalat dapat menyebarkan spora secara tidak sengaja lebih jauh, terutama saat mereka kawin dengan lalat lain.

Setelah tubuh lalat rusak, hewan tersebut jatuh ke tanah dan mati. Tetapi bahkan setelah mati, lalat masih bisa menyebarkan spora. Saat perut lalat mulai larut, ia melepaskan lebih banyak spora dari dalam.

Spora ini memiliki dinding tebal yang dapat membantu mereka tertidur selama bulan-bulan musim dingin dan menginfeksi lebih banyak lalat saat serangga menjadi aktif di musim semi.

Ilmuwan dari Denmark menemukan puluhan lalat yang terinfeksi jamur saat bekerja di ladang di Jaegerspris dan Amager, Denmark. Lalat ini banyak ditemukan di daerah pedesaan dan daerah pemukiman.

“Ini adalah aspek keanekaragaman hayati yang menarik dan aneh yang kami temukan di Denmark,” kata Jorgen Eilenberg, kepala penelitian dan ahli biologi Universitas Kopenhagen, seperti dikutip Live Science, Jumat (25 Desember 2020).

READ  Luar biasa, ini 6 karakter dari sejarah dunia dengan cerita-cerita aneh

Written By
More from Said Rafiq

Traveloka Segera Go Publik, Ini Ada 2 Opsi!

Jakarta, CNBC Indonesia Startup agen perjalanan online (OTA) Traveloka mengumumkan akan segera...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *