Ilmuwan menyebut planet Bumi super dilindungi oleh Jupiter

Ilmuwan menyebut planet Bumi super dilindungi oleh Jupiter

Jupiter bertindak seperti penjaga yang melindungi super-bumi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Jupiter, planet terbesar di tata surya, kerap dianggap sebagai penolong kehidupan di bumi. Triknya adalah dengan mencegah asteroid berbahaya memasuki tata surya bagian dalam dan bertabrakan dengan dunia.

Lalu bagaimana dengan tata surya lainnya? Adakah planet layak huni yang juga memiliki dunia serupa? Jupiter Apa yang lebih besar agar tetap aman?

Melaporkan dari Earthsky, Pada hari Jumat (23 Oktober) sekelompok astronom internasional yang dipimpin oleh Martin Schlecker dari Max Planck Institute for Astronomy (MPIA) mengumumkan bahwa mereka baru saja mengumumkan studi baru yang menunjukkan bahwa jenis pengaturan planet ini terjadi lebih sering daripada yang diketahui sebelumnya. .

Dari simulasi komputer terlihat bahwa planet batuan tersebut termasuk jenis bumi atau Bumi super sering ditemukan dengan planet yang lebih besar (seperti Jupiter). Hasil tersebut dijelaskan secara rinci dalam tesis Ulasan sejawat yang baru diterima untuk diterbitkan di jurnal Astronomi dan astrofisika.

Penelitian ini difokuskan pada planet Bumi Super. Istilah super-bumi mengacu pada planet berbatu yang lebih besar dari Bumi tetapi secara signifikan lebih kecil dan kurang masif dari Neptunus atau raksasa gas.

Simulasi komputer baru menunjukkan bahwa planet super-bumi ini sering terbentuk di orbit luar bersama dengan planet mirip Jupiter. Ini mirip dengan tata surya kita.

Dunia yang lebih kecil dan berbatu dikenal sebagai Bumi Super Kering, dengan atmosfer yang lebih tipis dan relatif sedikit air atau es. Schlecker mengatakan berdasarkan simulasi bumi super ice atau super rocky (low ice) bumi terbentuk menyatu dengan Jupiter yang dingin.

Simulasi ini belum bisa dipastikan apakah cocok juga untuk planet yang sebenarnya seukuran Bumi. Karena penelitian ini lebih difokuskan pada super-earth.

Siehe auch  30 besten Sicherungshalter 12 Volt getestet und qualifiziert

Menurut Christoph Mordasini, salah satu penulis makalah dari Universitas Bern, mereka melakukan analisis statistik dari simulasi komputer baru di mana 1.000 sistem planet terlibat dalam proses evolusi di sekitar bintang yang mirip dengan matahari.

Namun simulasi tersebut tampaknya menunjukkan hal lain. Hasil simulasi menunjukkan bahwa hanya sekitar 1/3 dari Jupiter dingin yang seharusnya memiliki Super Earth dalam sistem yang sama.

Ilmuwan punya beberapa ide. Pertama dan terpenting, ini mengacu pada kecepatan planet raksasa mirip Jupiter secara bertahap bermigrasi ke dalam menuju bintang mereka.

Menurut teori pembentukan planet saat ini, hal ini akan menyebabkan lebih banyak planet gas raksasa di orbit perantara antara tata surya bagian luar dan tata surya bagian dalam. Jupiter yang hangat ini pasti mengganggu orbit dalam Super-Earth dan bertabrakan dengannya atau menyebabkannya terlempar dari sistem planetnya.

Tapi itu tidak diperhatikan. Ilmuwan yakin kecepatannya bisa lebih lambat dari perkiraan pertama. Hal ini memungkinkan lebih banyak bumi super untuk tinggal di orbit ketat di sekitar bintang mereka, seperti yang telah diamati berkali-kali.

Dalam skenario ini, lebih banyak sistem planet harus memiliki Jupiter dan Super Earth. Jupiter terlihat oleh pesawat luar angkasa Juno NASA pada Februari 2019. Planet raksasa telah lama dianggap sebagai „pengawal“ bumi dan melindunginya dari benturan asteroid dengan gravitasi yang sangat besar.

Hasilnya cukup umum, karena pengamatan baru-baru ini belum dapat secara khusus mengkategorikan perbedaan antara berbagai super-bumi. Beberapa dianggap sebagian besar berbatu, sementara yang lain mungkin memiliki lautan global tergantung pada ukuran dan massanya.

We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

POLRESSIDRAP.COM NIMMT AM ASSOCIATE-PROGRAMM VON AMAZON SERVICES LLC TEIL, EINEM PARTNER-WERBEPROGRAMM, DAS ENTWICKELT IST, UM DIE SITES MIT EINEM MITTEL ZU BIETEN WERBEGEBÜHREN IN UND IN VERBINDUNG MIT AMAZON.IT ZU VERDIENEN. AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND WARENZEICHEN VON AMAZON.IT, INC. ODER SEINE TOCHTERGESELLSCHAFTEN. ALS ASSOCIATE VON AMAZON VERDIENEN WIR PARTNERPROVISIONEN AUF BERECHTIGTE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS HELFEN, UNSERE WEBSITEGEBÜHREN ZU BEZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.IT UND SEINEN VERKÄUFERN.
polressidrap.com