Indonesia bertujuan untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2060 atau lebih awal

Indonesia bertujuan untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2060 atau lebih awal

Jakarta. Pemerintah Indonesia telah meningkatkan ambisi iklimnya untuk mencapai emisi nol bersih paling lambat pada tahun 2060, satu dekade lebih cepat dari perkiraan sebelumnya, kata seorang pejabat senior pada hari Rabu.

Update National Contribution (NDC) Indonesia dipresentasikan pada Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim pada bulan Juli menjelang KTT perubahan iklim yang dikenal sebagai COP-26, yang akan berlangsung di Glasgow pada bulan November.

“Perhitungan kami pada April menetapkan target net zero emisi yang ingin dicapai pada 2070 berdasarkan latihan yang dilakukan saat itu,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam konferensi video dengan Jakarta Globe.

Negosiasi intensif telah dilakukan dengan pemangku kepentingan utama dan pengambil keputusan di sektor energi dan anggota parlemen untuk mempercepat jangka waktu dan telah disepakati bahwa emisi nol bersih harus dicapai “pada tahun 2060 atau lebih cepat,” katanya, menambahkan, Presiden Joko Widodo memberikan dukungan penuhnya untuk tujuan yang diperbarui.

Sementara banyak negara maju mengajukan target nol emisi bersih untuk tahun 2050, Siti menunjukkan bahwa ini sangat tidak mungkin terjadi dalam kasus Indonesia.

“Catatan: Izin PLTU paling lama habis tahun 2056,” katanya.

Pembakaran bahan bakar fosil untuk listrik dan transportasi dianggap sebagai sumber emisi gas rumah kaca terbesar di banyak negara.

Peran kunci
Siti mengatakan Indonesia memainkan peran yang semakin penting dalam upaya global untuk mengurangi emisi hingga nol bersih dan membatasi pemanasan global hingga 1,5 ° C.

“Indonesia menjadi sorotan dunia karena memiliki hutan hujan tropis yang menjadi pusat keanekaragaman hayati dan paru-paru bumi,” ujarnya.

“Kami bertekad bahwa hutan kami akan berfungsi sebagai penyimpan karbon daripada penghasil karbon pada tahun 2030.”

Siehe auch  Pusat perbelanjaan terbuka untuk pengunjung yang divaksinasi; jawaban ekonom

Dia mengklaim bahwa “kebakaran hutan sekarang dapat dikelola” dan “deforestasi dapat ditekan seminimal mungkin”.

Presiden telah menandatangani surat keputusan yang secara permanen melarang pemerintah pusat dan daerah memberikan izin pembukaan di kawasan hutan tertentu seluas 66 juta hektar di seluruh negeri.

“Itu kira-kira sebesar Norwegia dan Prancis jika disatukan,” kata Siti.

NDC yang diperbarui juga bertujuan untuk “tanpa syarat” mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 29 persen dari tingkat emisi 2010 pada tahun 2030, yang berarti target tersebut didasarkan pada asumsi bahwa pemerintah bekerja sendiri untuk memenuhinya, katanya.

“Ambisi kami naik menjadi 41 persen ketika kami mendapatkan pendanaan internasional, kolaborasi teknis, dan dukungan teknologi,” tambah Siti.

Pengurangan karbon 41 persen di Indonesia setara dengan menghilangkan 1 gigaton karbon dioksida dari atmosfer, katanya.

Sebagai perbandingan, target pengurangan gas rumah kaca pemerintah Inggris sebesar 50 persen pada tahun 2030 akan menghilangkan “hanya 200 juta ton” CO2, tambahnya.

Inggris, yang akan menjadi tuan rumah COP-26 mendatang, telah mendorong Indonesia untuk menetapkan tujuan yang lebih ambisius.

“Setelah Indonesia menyerahkan Strategi Jangka Panjangnya ke UNFCCC pada 21 Juli, termasuk tujuan nol emisi bersih pada tahun 2060, kami berharap dapat bekerja lebih erat dengan teman dan mitra Indonesia kami untuk mencapai tujuan yang lebih ambisius untuk lingkungan yang lebih aman dan lebih baik. planet for all,” kata Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins, dalam keterangannya pada 9 Agustus lalu.

Pernyataannya muncul sehari setelah Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) merilis temuan bahwa suhu permukaan kemungkinan akan mencapai pemanasan 1,5 ° C selama satu atau dua dekade mendatang.

Siehe auch  Hasil Lazio vs Juventus, gol menit-menit terakhir memupus harapan Bianconeri

“Laporan IPCC berfungsi sebagai pengingat untuk meningkatkan tekad dan ambisi kami untuk mengurangi emisi. Kami mengumpulkan upaya kami untuk mendorong semua negara, termasuk mitra dekat kami Indonesia, untuk mencapai tujuan ambisius yang kami butuhkan untuk menjaga target 1.5C dari Perjanjian Paris dalam jangkauan, ”kata utusan itu.

We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

polressidrap.com