Indonesia memulai proses pemilihan presiden baru

Indonesia memulai proses pemilihan presiden baru

JAKARTA — Indonesia pada hari Selasa secara resmi memulai proses pemilihan menjelang pemungutan suara nasional pada tahun 2024, ketika negara demokrasi terbesar ketiga di dunia itu akan memilih presiden, pemimpin daerah, dan anggota legislatifnya yang baru.

Pada tahun 2024, untuk pertama kalinya dalam sejarah, negara berpenduduk lebih dari 270 juta orang itu akan langsung memilih pemimpin puncaknya pada hari yang sama dengan pemilihan anggota parlemen dan legislatif daerah. Ini dijadwalkan pada 14 Februari 2024, diikuti oleh pemilihan gubernur, walikota dan bupati di 34 provinsi di Indonesia pada tahun yang sama, pada 27 November.

„Hari ini genap 20 bulan sebelum pemungutan suara. Pemilihan serentak … dirancang agar kita semua bisa mengendalikan diri,“ kata Hasyim Asy’ari, Ketua Komisi Pemilihan Umum atau KPU, dalam sebuah upacara menandai dimulainya proses pemilihan secara resmi pada Selasa malam.

Sementara partai politik akan bersaing satu sama lain untuk memenangkan suara untuk parlemen dan legislatif daerah, mereka mungkin mendukung calon presiden yang sama.

„Oleh karena itu, mereka akan menahan diri,“ katanya, berharap tidak terjadi gejolak politik pada pemilu mendatang.

Sesuai jadwal yang diumumkan KPU, pasangan calon presiden dan wakil presiden akan resmi mencalonkan diri antara Oktober hingga November 2023, dengan seluruh kampanye dijadwalkan berlangsung dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setiap calon presiden harus mendapat dukungan dari partai politik yang bersama-sama menguasai lebih dari 20% kursi di parlemen.

KPU diharapkan segera memutuskan anggaran pemilu, bersama dengan pemerintah dan anggota parlemen. Ini sebelumnya mengusulkan total 76,6 triliun rupiah ($ 5,2 miliar) untuk membiayai seluruh proses hingga 2024, tetapi telah diberitahu untuk memotong biaya.

Siehe auch  Pengguna internet yang penuh sesak mendemonstrasikan PS5 sudah sampai di rumah, Hwaa .. Hwaa ..

KPU juga diharapkan akan menerbitkan petunjuk teknis logistik pemilu dalam beberapa bulan mendatang, serta memutuskan jumlah pemilih yang berhak dan jumlah kursi legislatif yang akan diperebutkan.

Dengan anggota KPU yang dilantik pada bulan April, Presiden Joko „Jokowi“ Widodo mengakhiri perdebatan berbulan-bulan dan meningkatnya seruan dari anggota kabinet dan politisi agar dia mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga, atau menunda pemilihan, dengan alasan keadaan luar biasa yang timbul dari pandemi COVID-19 .

Mahasiswa ambil bagian dalam protes terhadap usul beberapa menteri untuk memperpanjang masa jabatan Presiden Joko Widodo dan menunda pemilihan 2024 di Jakarta pada 11 April. © Reuters

Konstitusi Indonesia melarang Widodo, yang berkuasa pada 2014, mencalonkan diri untuk masa jabatan lima tahun ketiga. Tetapi presiden tetap populer, dengan peringkat persetujuannya kembali ke sekitar 70%, menurut jajak pendapat terbaru, menyusul penurunan selama puncak krisis minyak goreng Indonesia awal tahun ini.

Hal ini, kata para analis, turut mendorong naiknya popularitas Gubernur Jawa Tengah. Ganjar Pranowo, sesama anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang berkuasa. Pranowo menduduki puncak survei Mei-Juni yang dirilis selama seminggu terakhir oleh dua lembaga survei independen lokal, Saiful Mujani Research and Consulting dan Charta Politika Indonesia.

Pranowo mengumpulkan lebih dari 30% suara di bawah beberapa skenario, mengalahkan Prabowo Subianto, menteri pertahanan dan mantan pemimpin oposisi yang berhadapan dengan Widodo dalam pemilihan presiden 2014 dan 2019. Gubernur Jakarta Anies Baswedan, favorit oposisi saat ini, berada di urutan ketiga.

“Semakin banyak orang yang puas dengan kinerja Jokowi, semakin berpotensi menguntungkan Ganjar Pranowo,” kata Yunarto Wijaya, Direktur Eksekutif Charta, Senin, seraya menambahkan bahwa Pranowo diharapkan dapat melanjutkan kebijakan Widodo.

Siehe auch  30 besten Klebefolie Weiß Matt getestet und qualifiziert

“Sebaliknya, semakin tidak puas masyarakat terhadap pemerintahan Jokowi, semakin besar kemungkinan Anies [Baswedan] akan diuntungkan, mungkin diikuti oleh Prabowo [Subianto].“

We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

POLRESSIDRAP.COM NIMMT AM ASSOCIATE-PROGRAMM VON AMAZON SERVICES LLC TEIL, EINEM PARTNER-WERBEPROGRAMM, DAS ENTWICKELT IST, UM DIE SITES MIT EINEM MITTEL ZU BIETEN WERBEGEBÜHREN IN UND IN VERBINDUNG MIT AMAZON.IT ZU VERDIENEN. AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND WARENZEICHEN VON AMAZON.IT, INC. ODER SEINE TOCHTERGESELLSCHAFTEN. ALS ASSOCIATE VON AMAZON VERDIENEN WIR PARTNERPROVISIONEN AUF BERECHTIGTE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS HELFEN, UNSERE WEBSITEGEBÜHREN ZU BEZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.IT UND SEINEN VERKÄUFERN.
polressidrap.com