Indonesia Volcano News: Indonesia Gunung Sinabung Letusan Vulkanik: Gunung Berapi Gunung Sinabung Indonesia

Gunung berapi yang meletus di Pulau Sumatera sejak 2010 itu kembali meletus pada Senin. Sinabung merupakan salah satu dari 120 gunung api aktif di Indonesia yang berada di dalam “Cincin Api”. Ketika gunung berapi ini meletus setelah berdiam diri selama hampir setahun, begitu banyak abu yang keluar sehingga gunung besar asap terbentuk setinggi dua kilometer di langit. Tak hanya itu, abu mencapai Berastagi yang jaraknya 30 kilometer, dan peringatan harus dikeluarkan bagi penumpang pesawat yang melewati kawasan itu. (Foto AP / Sugeng Nuryono)

Orang-orang lari tanpa topeng

Renkana Sitepu, kepala desa, mengatakan ketika abunya keluar, gelap bagaikan sihir siang dan malam. Bayangan gelap bertahan sekitar 20 menit. Daerah sekitar gunung berapi sudah dilarang, jadi tidak ada yang tinggal di sana. Mengkhawatirkan tiba-tiba orang akan berkumpul dan melarikan diri dari ladang untuk menghilangkan abu tanpa topeng dan jarak itu. (Foto AP / Sugeng Nuryono)

Panen hancur

Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan akibat ledakan gunung berapi tersebut, tetapi tanaman dihancurkan oleh abu. Pallin Depari, warga Desa Naman Teran, mengatakan warga yang tinggal 5 km dari Jwalamukhi juga mendengar suara gunturnya. Pailin mengatakan gunung berapi ini meledak setahun sebelumnya. 4 distrik terkena dampak ledakan ini. Pemerintah menyediakan masker dan perlengkapan pertahanan lainnya kepada penduduk setempat. Peringatan tingkat ketiga dikeluarkan sehubungan dengan ledakan tersebut. (Foto AP / Sugeng Nuryono)

Sudah dingin selama 400 tahun

400-

Menurut laporan surat kabar Jakarta Post, gunung berapi ini mulai menjadi abu pada Sabtu malam. Ini membutuhkan waktu sekitar satu jam. Pejabat di Indonesia telah meminta wisatawan dan penduduk setempat berada dalam jarak dua mil dari bukit vulkanik ini. Diyakini bahwa nyala api akan memuntahkan lebih banyak abu dan lahar. Sebelumnya, setelah hampir 400 tahun kedinginan, mulai terbakar pada 2010 dan meletus pada 2013. Pada 2014, 14 orang meninggal akibat JD (AP Photo / Sugeng Nuryono).

READ  Ilmuwan Menemukan Fakta Baru tentang Planet Kerdil Ceres
Written By
More from Ubayd Saleh

Apple seharusnya menghadirkan iPhone 12 Mini

JAKARTA – Apple akan mengungkap empat iPhone baru akhir tahun ini, salah...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *