Ingatlah bahwa ini adalah cara cepat untuk meredakan nyeri asam urat

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Serangan nyeri asam urat dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan bagi mereka yang terkena. Menurut WebMD, kondisi di mana gout berulang disebut artritis gout.

Gejala asam urat dimulai dengan rasa terbakar, gatal, atau kesemutan pada persendian satu atau dua jam sebelum timbulnya penyakit.
Setelah itu, penderita merasakan sakit asam urat pada persendian. Nyeri kadang bisa membuat kulit luar sendi menjadi merah dan bengkak.

Rasa sakit akibat serangan asam urat umumnya terjadi di pangkal jempol kaki. Namun, terkadang juga bisa mempengaruhi siku, lutut, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan punggung kaki.

Baca juga: Apakah Anda menderita asam urat? Obat herbal ini efektif mengobati asam urat

Gejala asam urat yang dialami orang tersebut seringkali berlangsung selama berhari-hari hingga berminggu-minggu. Kondisi nyeri paling parah umumnya terjadi dalam dua hari pertama. Dalam kondisi ini, aktivitas pasien bisa terganggu.

Berikut beberapa cara menghilangkan nyeri asam urat dengan cepat yang bisa dicoba di rumah:
1. Minum obat pereda nyeri
Pengenalan Kesehatan Arthritis, pertolongan pertama dalam mengobati asam urat di kaki atau tangan, adalah menggunakan pereda nyeri antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen atau naproxen.

Hindari aspirin atau pereda nyeri yang mengandung asam asetilsalisilat, karena dapat memperburuk gejala asam urat. Hal yang Perlu Diingat, obat NSAID memiliki efek samping yang dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu, selalu konsultasikan ke dokter sebelum menggunakan obat ini.

Jika obat pereda nyeri yang dijual bebas tidak bekerja di toko obat atau apotek, minum obat asam urat dari dokter Anda.

Penderita asam urat yang sudah mendapat perawatan medis biasanya diberi resep obat untuk mengatasi serangan nyeri asam urat. Apalagi jika penderita pernah mengalami serangan nyeri asam urat. Salah satu obat yang biasa diresepkan oleh dokter untuk mengatasi nyeri asam urat adalah jenis kortikosteroid.

READ  Berikut Pandangan Astrofisikawan tentang Proses Kiamat

Baca juga: Berikut 5 cara mengontrol kadar asam urat dalam tubuh Anda

Namun konsumsi obat ini memerlukan pengawasan medis karena memiliki efek samping sakit perut, terutama jika diminum lebih dari beberapa hari.

2. Kompres es batu
Cara menghilangkan rasa sakit asam urat secara alami dengan cepat, salah satunya bisa coba mengompresnya dengan es batu. Terapi dingin ini bisa mengurangi rasa sakit secara signifikan. Efek pendinginan dapat mengurangi peradangan sekaligus menghilangkan sinyal rasa sakit.

Tempelkan kantong es setiap 10 hingga 20 menit untuk meredakan gejala.

Written By
More from Ubayd Saleh

Ditemukan tanda-tanda kehidupan, planet Venus jadi buruan para peneliti

GALAMEDIA – Penemuan gas itu bisa jadi pertandatanda kehidupan dari Planet venus...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *