Itama Ranoraya (IRRA) menerima pesanan untuk pengadaan 600.000 penyeka uji antigen

ILUSTRASI. Direktur Utama PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA) Heru Firdausi Syarif

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Yudho Winarto |

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA) Penerbit yang berurusan dengan peralatan dan aksesori medis berteknologi tinggi (Solusi Kesehatan HiTech) telah mendapat perintah dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk pengadaan produk uji Covid Swab Antigen.

Urutan terdiri dari dua fase dengan rincian 200.000 unit fase I dan 400.000 unit fase II, sehingga total produk Covid Swab Antigen Test menjadi 600.000 unit.

Direktur Utama Itama Ranoraya, Heru Firdausi Syarif mengumumkan perseroan telah menerima pesanan pertama sebanyak 200.000 unit pada Oktober lalu dan menerima pesanan lagi sebanyak 400.000.000 unit pada pekan lalu untuk pengadaan produk uji antigen Covid Swab.

“Sejauh ini kami sudah menyelesaikan 600.000 unit Panbio untuk BNPB, Oktober untuk pengiriman pesanan pertama dan Desember, Minggu lalu untuk pesanan kedua,” kata Heru dalam keterangan resmi, Senin (14/12).

Baca juga: Itama Ranoraya (IRRA) berencana mengakuisisi Oneject yang diharapkan selesai tahun depan

Tes Antigen Covid Swab IRRA produk Abbott dengan nama Panbio telah disetujui oleh WHO (Organisasi Kesehatan Dunia). Tes antigen ini adalah tes in vitro cepat untuk deteksi kualitatif antigen SARS-CoV-2 (Ag) dalam spesimen usap nasofaring manusia dari orang-orang yang memenuhi kriteria klinis dan / atau epidemiologi COVID-19. Akurasinya lebih baik daripada tes cepat.

Hendry Herman, direktur pemasaran dan penjualan IRRA, mengumumkan bahwa produk Uji Antigen Covid Swab dari Abbot tidak diluncurkan hingga kuartal keempat tahun 2020.

IRRA melihat permintaan produk ini tidak hanya dari pemerintah tetapi juga dari pihak swasta, misalnya dalam melakukan self-help test yang dilakukan perusahaan secara mandiri kepada karyawan dan masyarakat.

READ  Pemerintah menginginkan pembebasan pajak untuk mobil baru, apakah Anda setuju?

Produk Swab Antigen Test yang direkomendasikan oleh WHO memiliki sensitifitas 98,2% dan spesifisitas 99,4% (khusus untuk virus COVID-19) dengan waktu uji dan hasil 15 hingga 20 menit.

“Kami optimis produk Covid Swab Antigen Test akan menjadi produk yang nyaman pada saat pandemi ini, selain kemudahan penggunaan dan harga yang terjangkau. Produk ini direkomendasikan oleh WHO sebagai alat uji Covid-19,” kata Hendry.

Kedepannya, IRRA akan menyelidiki peningkatan kerjasama dengan Abbot untuk produk uji Panbio Covid Swab Antigen. Rencana Swab Antigen Panbio juga akan diproduksi di dalam negeri melalui PT Oneject Indonesia (Oneject) Perusahaan saudara perusahaan bersama dengan mitra internasional dari perusahaan perawatan kesehatan.

Baca juga: Karena itu, Itama Ranoraya (IRRA) optimistis kinerja tahun 2020 di atas target

Penjualan produk Covid Swab Antigen Test milik perseroan melengkapi pencapaian Itama Ranoraya tahun ini.

IRRA sebelumnya sudah mendapat perintah dari Kementerian Kesehatan pada kuartal IV tahun 2020, tepatnya awal November, untuk menyerahkan 45 unit mesin plasma penyembuhan ke rumah sakit rujukan Covid-19.

Pada akhir November, IRRA mendapat perintah pengadaan 111 juta jarum suntik ADS untuk program Covid-19, juga dari Kementerian Kesehatan. Dengan pencapaian tersebut, perseroan optimistis target tahun ini bisa terlampaui. Bahkan, perseroan yakin kinerja laba bersih bisa naik di atas 30%.

DONASI, dapatkan voucher gratis!

Dukungan Anda meningkatkan antusiasme kami untuk menyajikan artikel berkualitas tinggi dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terima kasih atas perhatian Anda, terdapat voucher gratis senilai donasi yang dapat Anda beli TOKO SELAMAT.



Written By
More from Said Rafiq

Honda HR-V resmi diluncurkan pada 2021, ini bentuk barunya

Jakarta – – Honda akhirnya resmi diluncurkan Honda HR-V 2021. Generasi baru...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *