Kabel serat optik Indonesia-Singapura terputus

KOMPAS.com – Jaringan kabel serat optik Indonesia ke Singapura terganggu. Kabel bawah air yang membawa koneksi Internet Kabarnya dipisahkan di salah satu segmen.

Ketua Asosiasi Penyedia Layanan Internet Indonesia (APJII) Jamalul Izza mengatakan, masalah ini terjadi pada salah satu kabel bawah laut internasional. Gangguan tersebut terjadi di ruas Ancol-Bangka.

Baca juga: Kenali Jaringan Kabel Bawah Air, Jalan Raya Internet Dunia

“Salah satu kabel bawah laut internasional ke Singapura terjadi memotong di ruas Ancol Bangka, “kata Jamal KompasTekno, Jumat (19 Februari 2021).

Tidak ada informasi yang diberikan mengenai sistem atau jaringan Internet mana yang terpengaruh. Namun, kata Jamalul, masalah tersebut mulai muncul pada Jumat pagi (19/2/2021).

Namun, menurut Jamalul, pengalihan rute dilakukan (redirect) di baris lain. Meski begitu, saat ini masih terjadi keterlambatan akses internet.

“Pada titik itu, semuanya selesai redirectNamun, masih ada beberapa penundaan dalam mengaksesnya. Kejadian itu sudah berlangsung sejak pagi tadi, ”lanjut Jamalul.

Jamalul juga tidak menjelaskan alasan terputusnya kabel internet.

Koneksi MyRepublic dilaporkan bermasalah

Berdasarkan pengawasan KompasTekno Sejak Jumat pagi (19 Februari 2021) beberapa pengguna internet MyRepublic melaporkan malfungsi di situs Down Detector. Sebagian besar laporan berasal dari pengguna di wilayah Jakarta.

Belum diketahui apakah gangguan ini disebabkan putusnya kabel serat optik Indonesia-Singapura. Alasannya adalah karena di timeline Twitter, sebagian kecil pengguna mengatakan bahwa mereka mengalami gangguan selama beberapa hari.

Baca juga: Bukan Jakarta, internet tercepat di Indonesia ada di kota ini

KompasTekno juga menghubungi MyRepublic, tetapi tidak mendapat jawaban.

READ  Inilah produk yang paling banyak dibeli orang Indonesia di internet

Baca juga: Lalu lintas internet Indonesia semakin meningkat

Written By
More from Said Rafiq

Erick Thohir memecat dua direktur dari PT KAI

JAKARTA, KOMPAS.com – Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), memberhentikan...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *