Kamu harus tahu! Sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dari waktu ke waktu

Secara sederhana, sains dapat diartikan sebagai studi tentang sains. Ada banyak jenis ilmu dalam ilmu, mulai dari ilmu kedokteran (kedokteran), ilmu kebumian, ilmu sosial, fisika, matematika, psikologi, hukum, kimia, astronomi, bahasa, sejarah, dan bidang keilmuan lainnya yang masuk dalam koridor pemikiran manusia. umum.

Tentunya perkembangan ilmu pengetahuan tidak hanya terjadi, tetapi juga membutuhkan waktu yang sangat lama dan proses yang sangat lama sejak zaman dahulu kala. Lantas bagaimana dengan sejarah ilmu pengetahuan dari masa ke masa? Jika Anda penasaran, yuk kita sama-sama mempelajari sejarah evolusi sains, yuk!

1. Ilmu di zaman manusia purba

washington.edu

Mungkin ada sebagian orang yang beranggapan bahwa penemuan dan ilmu pengetahuan hanya ada di zaman modern. Padahal, sains sudah dipahami sejak zaman kuno, lho. Tentunya ilmu pengetahuan manusia purba masih terbatas dan terlihat sangat sederhana dibandingkan dengan ilmu modern.

manusia dan alam di sampingnya mencatat bahwa manusia purba mengembangkan teknik berburu dengan cukup baik. Mungkin pengetahuan mereka tentang membuat alat berburu yang efisien masih terbatas. Alat-alat seperti batu asah dan tombak biasanya dibutuhkan untuk berburu.

Rupanya mereka tidak memiliki GPS, tidak ada peta digital, tidak ada senjata api, atau apapun yang akan memudahkan mereka untuk bertahan hidup. Memang dari fosil dan peninggalan jaman dahulu yang ditemukan para ilmuwan, dapat disimpulkan bahwa ilmu tentang hewan dan cara berburu sudah ada sejak zaman purba.

Anda telah mengembangkan pengetahuan sebagai manusia tentang bagaimana bertahan hidup di alam selama 30.000 hingga ratusan ribu tahun homo mulai muncul dan menguasai negeri itu. Mereka mempelajari sains sederhana dan bergerak ke arah yang benar, yang membuka jalan bagi perkembangan ilmiah lebih lanjut.

READ  6 langkah mengecat plafon, jangan lupa matikan semua sumber listrik

2. Ilmu pengetahuan jauh lebih maju sebelum Kristus

Kamu harus tahu! Sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dari waktu ke waktumedium.com

Kehidupan manusia tidak terbatas hanya pada berburu dan bertahan hidup. Manusia selalu mengembangkan sesuatu dalam perkembangannya karena pada dasarnya manusia memiliki sifat yang aneh dan tidak pernah puas. Ketika berburu sulit dilakukan, orang dapat mengembangkan pertanian atau perkebunan.

Faktanya, orang-orang jaman dahulu mulai memikirkan bagaimana cara menyembuhkan wabah atau penyakit. Padahal, ribuan tahun sebelum Masehi, banyak orang mengira bahwa penyakit berasal dari santet atau santet. Namun, masih ada beberapa dokter di antara mereka yang dapat membenarkan kejadian tersebut sebagai logis dan takhayul.

Titik-titik tertinggi peradaban SM kuno ada di Yunani, Persia, Mesir, India, dan Cina. Lihat saja para dokter hebat seperti Hippocrates, seorang ahli medis dari Yunani yang sudah memiliki pengetahuan tentang penyakit medis yang serius seperti kanker Kuno. Ada pula Bian Que, seorang ilmuwan dan dokter terkenal yang berasal dari Tiongkok bersamaan dengan Hippocrates.

Yang lebih mencengangkan lagi adalah bahwa orang-orang kuno sudah mengetahui tentang bumi dan angkasa. Beberapa filsuf Yunani kuno sudah memiliki gagasan bahwa bumi adalah planet yang bulat. Faktanya, ada seorang ilmuwan Yunani yang pada tahun 310 SM. Hidup dan mengira bahwa matahari adalah pusat dari bola api raksasa dan bahwa bumi hanyalah sebuah planet kecil yang mengorbit matahari.

Baca juga: Ayo Belajar Biologi! 5 Fakta Ilmiah Tentang Spesies Ekstremofilik

3. Sains terus berkembang di Abad Pertengahan

Baca terus artikel berikut ini

Favorit editor

Kamu harus tahu! Sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dari waktu ke waktuSciencesource.com

Di zaman Kristus, tepatnya di Abad Pertengahan, ilmu pengetahuan dan pengetahuan tentang banyak hal berkembang dengan sangat cepat. Sejumlah penemuan berpengaruh juga dibuat selama periode ini. Memang, beberapa ilmuwan ini memiliki pemikiran revolusioner dan bergerak ke masa depan.

READ  Hati-hati, satelit NASA jatuh ke Bumi

Ilmuwan hebat seperti Anatolius, Nicolaus Copernicus, Paulus Aigineta, Roger Bacon, Ibnu Sina, Thomas Aquinas, Abu Nasr Al-Farabi, Constantine the African, Michael Psellos, Ibn Al-Haytham, Galileo Galilei dan banyak ilmuwan lainnya adalah ilmuwan yang bersifat sejarah Meletakkan dasar-dasar perkembangan sains di Abad Pertengahan.

Memang, menjadi ilmuwan dan akademisi bukanlah perjuangan yang mudah di Abad Pertengahan. Beberapa dari mereka bahkan mendapat hukuman mati dari para fanatik agama setempat. Meski begitu, ilmu dan ide mereka telah digunakan dalam dunia sains hingga saat ini.

4. Perkembangan ilmu pengetahuan saat ini

Kamu harus tahu! Sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dari waktu ke waktuUnsplash / Ini adalah teknik

Saat ini ilmu pengetahuan telah berkembang menjadi ilmu yang telah menjadi kebutuhan untuk diajarkan di setiap sekolah dan institusi pendidikan di dunia. Albert Einstein telah menemukan teori-teori penting sejak awal abad ke-20 yang sangat berpengaruh bagi dunia. Sejak saat itu, perkembangan ilmu pengetahuan tidak dapat lagi dihentikan.

Science Daily mencatat bahwa teori relativitas Einstein adalah salah satu teori besar yang masih ada sampai sekarang. Sebelumnya ada hukum gravitasi yang digagas oleh seorang ilmuwan besar bernama Isaac Newton. Memang, memahami teori Einstein dan Newton tidaklah mudah dan membutuhkan studi yang sangat detail.

Kita yang hidup di zaman modern ini selalu diiringi dengan berbagai penemuan dan teknologi yang sebelumnya digagas oleh para ilmuwan dan akademisi di seluruh dunia. Internet, telekomunikasi, kedokteran, alat transportasi modern, sumber daya nuklir, perangkat listrik, astronomi modern, dan apa pun yang berhubungan dengan sains semuanya dapat dinikmati dalam perjalanan panjang hari ini.

5. Sains di masa depan

Kamu harus tahu! Sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dari waktu ke waktubegalileo.com

Apa yang akan terjadi di dunia sains di masa depan? Saya tidak tahu, tidak ada yang tahu. Namun demikian, sains diprediksikan akan berkali-kali lipat lebih maju dari saat ini. Mungkin akan ada perjalanan antarplanet untuk publik di masa mendatang. Ada kemungkinan bahwa teknologi robotik telah menggantikan tugas-tugas penting manusia yang sekarang sedang muncul.

READ  NASA mengabaikan asteroid berbahaya yang ditemukan para astronom ini ...

Saat ini impian untuk hidup di planet lain mungkin terdengar seperti omong kosong, tetapi itu bisa terjadi di masa depan. Alasannya adalah karena manusia, melalui NASA dan badan antariksa lainnya, mulai mengirim astronot ke Mars pada tahun 2030.

Belum lagi bila menyangkut teknologi kedokteran di masa depan. Diperkirakan di masa depan ilmu kedokteran dapat memperpanjang umur manusia secara umum. Kloning akan menjadi urutan hari di banyak negara. Memang secara ekstrim akan ada teknologi canggih yang bisa “membangkitkan” orang yang sudah meninggal. Ingin tahu? Semoga kita masih di sana karena sains bergerak maju dengan cepat di masa depan.

Inilah beberapa penjelasan singkat tentang sejarah evolusi ilmu pengetahuan. Ternyata perkembangan ilmu pengetahuan cukup panjang dan melelahkan bukan?

Baca Juga: 6 Alasan Ilmiah Mengapa Orang Mudah Menangis Bisa Jadi Masalah Kesehatan

Komunitas IDN Times merupakan media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua pekerjaan tertulis adalah tanggung jawab penulis.

Written By
More from Said Rafiq

Dolar AS melemah, rupiah menguat minggu ini

ILUSTRASI. Rupiah hari ini ditutup menguat di level Rp 14.735 per dolar...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *