Kapolsek Baranti siap tindak penyebar Hoax Korona

oleh -101 views

Baranti-polressidrap.com. Virus Corona atau Covid 19 menjadi trending topik di seluruh dunia. Dimana kata Korona dan Covid 19 paling banyak disebut atau dibahas, baik interaksi langsung dalam lingkungan sekitar maupun di dunia maya. Namun diantaranya masih terdapat hoax yang menyesatkan lalu mengarahkan siapa saja melakukan hal-hal yang merugikan dirinya sendiri dan orang lain.

 

Kapolsek Baranti Iptu Muh. Tang. SH. MH pun angkat bicara. Dirinya menghimbau masyarakat untuk lebih bijak dalam menanggapi penanganan virus Corona yang telah menjangkiti beberapa warga di Indonesia. Minggu (23/03/2020) malam.

 

Mengutip dari salah seorang publik figur tersohor; teruslah berusaha menahan diri mengeluarkan pernyataan segala sesuatu hal yang tidak anda kuasai.

 

Dari kutipan diatas, pernyataan tanpa dasar yang jelas dan bukti melalui kajian ilmiah akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

 

“Melalui media sosial dan jejaring sosial secara berantai menggunakan fitur bagikan (share) banyak ditemukan pernyataan dan berita terkait Corona yang asal usulnya tidak jelas. Bahkan yang lebih parahnya ada yang sampai mengutuk,” ujar Iptu Muh. Tang. SH. MH.

 

Perlu diketahui bahwa yang berkompeten mengeluarkan pernyataan terkait virus Corona atau Covid 19 di Indonesia yakni Kepala Negara atau Presiden, Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan atau Instansi terkecil dibawahnya.

 

Kapolsek Baranti Iptu Muh. Tang. SH. MH berharap kepada masyarakat untuk tidak lagi mengeluarkan pernyataan yang belum tentu kebenarannya. Dimana sebuah pernyataan atau berita yang mengandung hoax akan menyesatkan sehingga bisa saja menjadi sesuatu hal yang lebih menyeramkan lagi serta mengarahkan kepada kelalaian.

 

“Menyebar Hoax Korona bisa membuat masyarakat heboh. Undang-undang ITE siap menjerat siapa saja yang melanggar dan akan ditindak tegas,” pungkas Kapolsek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *