Ketidakpastian membayangi setelah Undang-Undang Penciptaan Pekerjaan dinyatakan inkonstitusional – Sabtu, 27 November 2021

Ketidakpastian membayangi setelah Undang-Undang Penciptaan Pekerjaan dinyatakan inkonstitusional – Sabtu, 27 November 2021

Rendy Dwi Novalianto (The Jakarta Post)

BONUS

Jakarta
Sabtu, 27 November 2021

Mahkamah Konstitusi menyampaikan berita mengejutkan pada hari Kamis dengan menyatakan bahwa sebagian besar agenda reformasi pemerintahan Presiden Joko “Jokowi” Widodo, undang-undang pengadaan massal, sebagian tidak konstitusional. Ini adalah keputusan bersejarah karena pengadilan memutuskan bahwa undang-undang itu inkonstitusional untuk pertama kalinya karena pelanggaran prosedural yang signifikan selama musyawarah legislatif.

Ada tiga poin utama yang diputuskan pengadilan sebagai pelanggaran proses legislasi: Pendekatan hukum kolektif masih asing dengan proses legislasi Indonesia; draf yang ditandatangani Presiden Jokowi pada November 2020 tidak sesuai dengan undang-undang yang disahkan DPR; dan proses konsultasi tidak memiliki partisipasi publik yang berarti.

Putusan pengadilan juga dengan jelas menunjukkan bahwa prinsip penting demokrasi Indonesia masih hidup dan sehat – dengan kontrol dan keseimbangan antara lembaga yudikatif yang independen dan cabang eksekutif terlihat jelas dalam putusan ini. Hal ini sangat penting karena banyak pengamat mempertanyakan independensi MK menyusul revisi tergesa-gesa UU MK, yang memperpanjang masa jabatan semua hakim incumbent tahun lalu, percaya bahwa hal itu akan mempengaruhi pengaruh pemerintahan Jokowi pada itu pengadilan menggambarkan.

untuk membaca cerita lengkapnya

BERLANGGANAN SEKARANG

Mulai dari Rp55.000/bulan

  • Akses tak terbatas ke konten web dan aplikasi kami
  • e-Post surat kabar harian digital
  • Tidak ada iklan, tidak ada interupsi
  • Akses istimewa ke acara dan program kami
  • Berlangganan buletin kami

Atau biarkan Google mengelola langganan Anda

Siehe auch  Messi meninggalkan Barcelona dengan gratis, Real Madrid bisa tersenyum lebar: okezone bola

We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

polressidrap.com