Laporan berita yang dipalsukan menyesatkan tentang kemungkinan masa jabatan ketiga untuk presiden Indonesia

Laporan berita yang dipalsukan menyesatkan tentang kemungkinan masa jabatan ketiga untuk presiden Indonesia

Hak Cipta AFP 2017-2022. Seluruh hak cipta.

Beberapa posting media sosial telah membagikan tangkapan layar yang diklaim dari artikel media Indonesia yang mengklaim Presiden Indonesia Joko Widodo, yang dikenal sebagai Jokowi, mengatakan dia tidak tertarik untuk memperpanjang masa jabatannya sebagai presiden „kecuali publik menginginkannya“. Namun, tangkapan layar telah diolah untuk menambahkan tajuk berita palsu. Hingga 19 April 2022, Jokowi belum menunjukkan rencana untuk menjabat di luar batas dua masa jabatan yang diamanatkan konstitusi, yang akan berakhir pada 2024.

Tangkapan layar pertama dibagikan di sini di Twitter pada 21 Februari 2022.

Tangkapan layar konon menunjukkan laporan dari situs berita Indonesia Detikcom.

Judul berita berbahasa Indonesia itu jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris berbunyi: „Jokowi: Saya tidak tertarik mencalonkan diri untuk tiga periode kecuali saya dipaksa oleh rakyat.“

Caption postingan tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai: „Hmmm..benarkah itu??? Di mana orang-orang yang memaksamu? Apakah orang-orang yang memaksanya atau dia yang memaksa orang???“

Tangkapan layar dari unggahan menyesatkan pertama, diambil pada 12 April 2022

Gambar itu dibagikan bersamaan dengan klaim serupa pada April 2022 di Facebook di sini, di sinidan di sini.

Tangkapan layar kedua dibagikan di sini di Facebook pada 20 Februari 2022.

Tampak headline berita berbahasa Indonesia yang diterjemahkan ke bahasa Inggris sebagai: „Jokowi: Saya tekankan saya tidak tertarik pada tiga istilah kecuali saya dipaksa oleh orang-orang.“

Caption unggahan Facebook tersebut sebagian diterjemahkan sebagai: „Kecuali dia dipaksa oleh Megawati dan Luhut…Kamu Wayang“.

Tangkapan layar dari unggahan menyesatkan kedua, diambil pada 12 April 2022

Megawati Soekarnoputri adalah ketua umum partai Jokowi, sedangkan Luhut Binsar Pandjaitan adalah menteri senior di kabinet Jokowi.

Siehe auch  WhatsApp Merilis Fitur Baru, Pesan Viral

Para menteri senior – termasuk Luhut – dan beberapa partai politik pada Maret 2022 menyarankan pemilihan harus ditunda dan konstitusi diubah untuk memungkinkan presiden menjabat lebih dari dua periode, AFP dilaporkan.

Negara Asia Tenggara pemilu berikutnya akan diadakan pada tahun 2024 dan Jokowi tidak akan memenuhi syarat untuk mencalonkan diri karena Indonesia menempatkan batasan konstitusional dua periode pada pemimpinnya.

Ribuan siswa melakukan protes di Jakarta pada 11 April 2022, menentang perpanjangan batas masa jabatan presiden.

Tangkapan layar menyesatkan juga dibagikan di Facebook di sini.

Pencarian gambar terbalik Google menemukan kedua tangkapan layar telah diedit untuk memasukkan tajuk berita palsu.

Gambar pertama

Gambar pertama benar-benar menunjukkan ini laporan dari Detikcom, situs berita Indonesia, tertanggal 15 Februari 2022.

Artikel berita asli memuat foto Jokowi yang sama, byline yang sama, dan tanggal dan waktu penerbitan yang sama dengan tangkapan layar di unggahan menyesatkan.

Namun, judul aslinya berbunyi: „Suara sanggahan ketika foto Jokowi dan Suharto disandingkan“.

Menurut laporan itu, para pendukung Jokowi tidak senang setelah beberapa organisasi masyarakat sipil memposting montase foto presiden saat ini dengan Suharto, mendiang pemimpin otoriter Indonesia, di media sosial yang mengkritik kebijakan pemerintah saat ini.

Foto Jokowi-Suharto bisa dilihat di Instagram di sini lainnya di sini.

Di bawah ini adalah perbandingan tangkapan layar antara gambar menyesatkan pertama (kiri) dan laporan Detikcom asli (kanan):

Perbandingan tangkapan layar antara gambar menyesatkan pertama (kiri) dan laporan Detikcom asli (kanan)

Gambar kedua

Gambar kedua telah diolah dari ini laporan oleh outlet media Indonesia Jawa Pos diterbitkan pada 15 Maret 2021.

Laporan asli menampilkan foto Jokowi yang sama, bagian yang sama, dan tanggal dan waktu penerbitan yang sama dengan tangkapan layar yang menyesatkan.

Siehe auch  Kereta peluru pertama dari China tiba di Jakarta

Namun, judul artikel asli Jawa Pos berbunyi: „Jokowi Mengatakan Tidak Tertarik Jadi Presiden Periode Ketiga.“

Di bawah ini adalah perbandingan tangkapan layar antara gambar menyesatkan kedua (kiri) dan laporan asli Jawa Pos (kanan):

Perbandingan tangkapan layar antara gambar menyesatkan kedua (kiri) dan laporan asli Jawa Pos (kanan)

Penelusuran online menemukan bahwa Detikcom dan Jawa Pos belum menerbitkan laporan yang mengaitkan pernyataan menyesatkan tersebut dengan Jokowi.

Jokowi dikatakan pada 30 Maret 2022, bahwa ia akan „mematuhi konstitusi“ dalam hal perpanjangan masa jabatan, dan kemudian diumumkan Pada 10 April 2022, Pilkada 2024 tidak ditunda.

Hingga 19 April 2022, Jokowi belum menyatakan ingin memperpanjang masa jabatannya sebagai presiden.

AFP sebelumnya membantah klaim menyesatkan bahwa parlemen Indonesia „secara resmi telah menunda“ pemilihan umum 2024.

We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

POLRESSIDRAP.COM NIMMT AM ASSOCIATE-PROGRAMM VON AMAZON SERVICES LLC TEIL, EINEM PARTNER-WERBEPROGRAMM, DAS ENTWICKELT IST, UM DIE SITES MIT EINEM MITTEL ZU BIETEN WERBEGEBÜHREN IN UND IN VERBINDUNG MIT AMAZON.IT ZU VERDIENEN. AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND WARENZEICHEN VON AMAZON.IT, INC. ODER SEINE TOCHTERGESELLSCHAFTEN. ALS ASSOCIATE VON AMAZON VERDIENEN WIR PARTNERPROVISIONEN AUF BERECHTIGTE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS HELFEN, UNSERE WEBSITEGEBÜHREN ZU BEZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.IT UND SEINEN VERKÄUFERN.
polressidrap.com