Lava mengalir dari kawah selama letusan Gunung Merapi di Indonesia

Lava mengalir dari kawah selama letusan Gunung Merapi di Indonesia

Pengendara kendaraan melintas saat Gunung Merapi terlihat sebagai latar belakang pada Jumat, 25 Juni 2021. Sumber foto: AP Photo / Slamet Riyadi

Gunung berapi paling bergejolak di Indonesia meletus pada hari Jumat, melemparkan awan abu tinggi ke udara dan mengirimkan aliran lava dengan awan gas membakar yang mengalir di atas lerengnya. Tidak ada korban yang dilaporkan.


Awan abu panas melesat 1.000 meter ke langit, dan longsoran lahar serta gas panas telah tumpah setidaknya enam kali di lereng Gunung Merapi yang bergetar hingga sejauh 3 kilometer sejak pagi hari. gunung berapi mengerang dan menggeram, kata Hanik Humaida, direktur Pusat Vulkanologi dan Keamanan Geologi Yogyakarta.

Serangkaian arus piroklastik yang kuat muncul dari kubah lava di kawah puncak bagian dalam dari gunung berapi setinggi 2.968 meter, kata Humaida.

Aliran piroklastik merupakan fenomena vulkanik yang mencampurkan turbulen dan guguran panas batuan lava panas, abu, dan gas vulkanik.

Dia menggambarkan kubah lava gunung berapi itu tumbuh dengan cepat, menyebabkan awan panas lava dan gas mengalir di lerengnya. Bagian dari kubah lava runtuh, mengirimkan batu dan abu ke sisi barat daya gunung berapi.

Abu menutupi beberapa desa dan kota-kota terdekat, katanya.

Gunung Merapi telah mengalami peningkatan aktivitas vulkanik dalam beberapa pekan terakhir dan awan abu membentang sekitar 1,8 kilometer (1,2 mil) barat daya gunung berapi sebelum matahari terbit, kata Humaida.

Pusat Vulkanologi dan Keamanan Geologi Indonesia belum menaikkan status waspada Merapi yang sudah berada di level tertinggi kedua dari empat level sejak letusan dimulai November lalu.

Lava mengalir dari kawah selama letusan Gunung Merapi di Indonesia

Saat terjadi erupsi di Sleman, Indonesia, pada Jumat 25 Juni 2021, awan panas material vulkanik mengguyur lereng Gunung Merapi menuruni lerengnya. Sumber foto: AP Photo / Slamet Riyadi

Penduduk desa yang tinggal di lereng Merapi yang subur disarankan untuk tinggal 5 kilometer (3,1 mil) dari mulut kawah dan waspada terhadap bahaya lahar, kata badan tersebut.

Gunung berapi ini terletak di pulau Jawa yang padat penduduknya di dekat kota kuno Yogyakarta. Ini adalah yang paling aktif dari lebih dari 120 Gunung berapi aktif di Indonesia dan telah pecah berulang kali lahar dan awan gas baru saja.

Letusan besar terakhir di Merapi pada tahun 2010 menewaskan 347 orang.

Indonesia, negara kepulauan berpenduduk 270 juta orang, rentan terhadap gempa bumi dan aktivitas vulkanik karena terletak di sepanjang Cincin Api Pasifik, rangkaian garis patahan seismik berbentuk tapal kuda di sekitar lautan.


Gunung berapi Indonesia mengeluarkan aliran lava dalam letusan baru


© 2021 The Associated Press. Seluruh hak cipta. Materi ini tidak boleh dipublikasikan, disiarkan, ditulis ulang, atau didistribusikan kembali dengan cara apa pun tanpa izin.

Kutipan: Aliran lava dari kawah saat letusan Gunung Merapi di Indonesia (2021, 25 Juni), diakses pada 25 Juni 2021 dari https://phys.org/news/2021-06-lava-streams-crater-indonesia- mount.html

Dokumen ini tunduk pada hak cipta. Kecuali untuk perdagangan yang adil untuk studi pribadi atau tujuan penelitian, tidak ada bagian yang boleh direproduksi tanpa izin tertulis. Konten disediakan untuk tujuan informasi saja.

Siehe auch  30 besten Unterbauleuchte Küche Batterie getestet und qualifiziert

We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

polressidrap.com