Mantan menteri pertahanan Meksiko, diduga kuat seperti El Padrino atau bapak baptis kelompok narkotika

(Sumber: Foto oleh mantan Menteri Pertahanan Meksiko Salvador Cienfuegos (Kementerian Pertahanan Meksiko)

MEXICO, KOMPAS.TV – Jenderal Salvador Cienfuegos, mis Menteri Pertahanan Meksiko 2012–2018, saat ini ditahan di Los Angeles, Badan Anti Narkotika AS mencurigai “El Padrino” atau “ayah baptis” sekelompok produsen dan penyelundup narkoba bernama H2 Meksiko.

Seperti dikutip di New York Times, petugas penegak hukum AS mendengar anggota kartel Meksiko mengobrol melalui penyadapan telepon, berbicara tentang sosok kuat misterius yang dikenal sebagai The Godfather, atau “The Godfather“.

Agen telah mengawasi selama berbulan-bulan, mencurigai dia adalah tokoh sentral dalam perdagangan narkoba mereka adalah perwira tinggi tentara Meksiko.

Tiba-tiba, salah satu orang yang diawasi memberi tahu sesama anggota kartelnya bahwa El Padrino ada di TV saat itu. Agen AS dengan cepat memverifikasi siapa itu – dan melihat bahwa itu adalah Sekretaris Jenderal Pertahanan Meksiko Salvador Cienfuegos.

Pada titik itu, penyelidik akhirnya memastikan pelindung misterius salah satu kartel itu narkoba yang paling kejam di negara ini sebenarnya adalah pemimpin yang bertanggung jawab atas perang Meksiko melawan kejahatan terorganisir.

Dan Kamis malam Jenderal Cienfuegos ditahan oleh otoritas AS di bandara Los Angeles saat bepergian dengan keluarganya.

Hasilnya juga menunjukkan betapa merajalelanya kejahatan terorganisir di Meksiko. Bahkan bagi Meksiko, negara yang sering mengalami kekerasan dan korupsi selama beberapa dekade, penangkapan itu luar biasa.

READ  Saluran Telegram ISIS Disebut Berlebihan Dengan Gambar Porno
Written By
More from Kaheela Miah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *