Memasuki wilayah tersebut tanpa izin, Malaysia menangkap 60 warga negara Tiongkok dan enam kapal

GAMBAR. Ilustrasi bendera Malaysia. REUTERS / Lim Huey Teng

Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID – KUALA LUMPUR. Otoritas maritim Malaysia mengatakan mereka telah menangkap 60 warga negara China dan enam kapal penangkap ikan terdaftar China yang memasuki perairan Malaysia.

Kutipan Reuters, Pada Sabtu (10/10), Malaysia melaporkan 89 kasus Penjaga Pantai Tiongkok dan intrusi kapal perang antara 2016-2019, di tengah meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok atas klaim Beijing. di sebagian besar Laut Cina Selatan yang kaya sumber daya, yang merupakan jalur perdagangan utama.

Badan Pengendalian Maritim Malaysia (MMEA) mengatakan kapal penangkap ikan dan awaknya ditangkap pada hari Jumat selama operasi di lepas pantai negara bagian selatan Johor.

“Pemeriksaan lebih lanjut mengungkapkan bahwa semua kapal yang terdaftar di Qinhuangdao, China dilengkapi dengan enam kapten dan 54 awak yang merupakan warga negara China berusia antara 31 dan 60 tahun,” kata direktur regional MMEA. , Mohd Zulfadli Nayan, dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Malaysia Airlines harus ditutup jika negosiasi restrukturisasi gagal

MMEA mengatakan kapal-kapal itu, yang tidak membawa kargo saat ditahan, diyakini sedang dalam perjalanan ke Mauritania tetapi harus berhenti karena beberapa kerusakan.

Awal tahun ini, sebuah kapal penelitian China menghabiskan satu bulan untuk menyelidiki zona ekonomi eksklusif Malaysia di tengah perselisihan dengan kapal eksplorasi minyak Malaysia di dekat perairan yang disengketakan.



Written By
More from Kaheela Miah

Timeline kasus Isabella Guzman, ibu hamil tewas dengan 151 luka tusuk

Jakarta, Insertlive – nama keluarga Isabella guzman kembali menjadi viral dan menjadi...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *